dc.contributor.author | ALFIYAH, Cici | |
dc.date.accessioned | 2025-01-21T03:16:08Z | |
dc.date.available | 2025-01-21T03:16:08Z | |
dc.date.issued | 2024-11-12 | |
dc.identifier.nim | 200210104093 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125007 | |
dc.description.abstract | Keterampilan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir reflektif dan
beralasan dalam mengambil kesimpulan menggunakan bukti, konsep, metodologi,
atau pertimbangan yang kontekstual. Berpikir kritis juga didefinisikan sebagai
kemampuan untuk berpikir dengan cara yang masuk akal (reasonable) dan reflektif
yang berpusat pada proses pengambilan keputusan tentang apa yang harus diyakini,
dilakukan, dan dapat dipertanggung jawabkan. Berpikir kritis penting bagi siswa
untuk menyelesaikan masalah, termasuk pengenalan, membuat kesimpulan, dan
evaluasi, karena keterampilan ini mencakup melihat masalah, mengenal masalah,
melakukan pemecahan masalah, menyimpulkan, dan mengevaluasi.
Di Indonesia, siswa-siswa sekolah dasar masih memiliki tingkat
kemampuan berpikir kritis yang rendah. PISA 2022 hasil OECD memberikan
intipan tentang berbagai ketrampilan siswa, juga termasuk kapasitas berpikir secara
kritis dan kreatif. Penilaian yang dilakukan oleh OECD ini digunakan di negaranegara lain untuk mengukur kemampuan anak usia 15 tahun dalam membaca,
matematika, sains serta kemampuan mereka dalam berpikir kritis dan kreatif. Hasil
PISA menunjukkan bahwa pandemi telah menyebabkan penurunan prestasi belajar
secara global. Salah satu pendekatan strategi pembelajaran yang paling cocok untuk
diterapkan di era modern ini adalah Engineering Design Process (EDP). Penelitian
ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Engineering Design Process yang
diintegrasikan dalam bentuk LKPD terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 11 Jember yang berlokasi di Jalan
Letjen Suprapto 110, Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember.
Penelitian ini melibatkan semua siswa kelas 7 pada tahun ajaran 2024/2025. Sampel
dalam penelitian ini terdiri atas kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas
eksperimen diberikan perlakuan berupa penggunaan LKPD berbasis EDP sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan perlakuan yang sama. Sampel dipilih
menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini berjenis quasi
experimental dengan menggunakan pretest-posttest control group design.
Penggunaan pretest-posttest bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh LKPD
berbasis EDP terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.
Hasil Analisis menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta
didik dipengaruhi secara signifikan ketika LKPD berbasis Engineering Design
Process diterapkan dalam kelas. Pengujian menunjukkan dampak yang signifikan
pada perolehan nilai postest siswa di kelas eksperimen yang lebih tinggi
dibandingkan kelas kontrol. Menurut hasil analisis data, kelas eksperimen
memperoleh rata-rata hasil posttest 86,82, sedangkan kelas kontrol memperoleh
rata-rata hasil posttest 69,48. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test kedua
kelas memiliki perbedaan rata-rata sebesar 15,02 pada interval 9,26-20,79 yang
dapat dilihat pada kolom mean difference. Selain itu, melalui pengujian ini juga
ditunjukkan bahwa nilai signifikasi sebesar 0,00 yang artinya lebih kecil dari taraf
signifikasi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa HO diterima dan Ha ditolak.
Berdasarkan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD
berbasis Engineering Design Process berpengaruh signifikan. Secara keseluruhan
kelas eksperimen mengalami peningkatan keterampilan berpikir kritis sebesar 76%
yang termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 43%
yang termasuk dalam kategori sedang. Perbedaan hasil tersebut memperkuat
pernyataan bahwa penerapan model Engineering Design Proses ke dalam LKPD
mampu melatih siswa untuk menyelesaikan permasalahan dunia nyata dengan
langkah-langkah yang lebih sistematis. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama Pramudya Dwi A. P., S.Pd., M.Pd., Ph.d
Pembimbing Anggota Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd., M.C.E | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Engineering Design Process | en_US |
dc.subject | Pembelajaran IPA | en_US |
dc.subject | Pengaruh LKPD | en_US |
dc.title | Pengaruh LKPD Berbasis Engineering Design Process terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran IPA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan IPA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Pramudya Dwi A. P., S.Pd., M.Pd., Ph.d | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd., M.C.E | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 23 Desember 2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2025_01_tanggal 21 | en_US |