Show simple item record

dc.contributor.authorOKTIKASARI, Nabila
dc.date.accessioned2025-01-21T02:50:47Z
dc.date.available2025-01-21T02:50:47Z
dc.date.issued2024-09-30
dc.identifier.nim190210402084en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124997
dc.description.abstractJember merupakan salah satu daerah yang terdapat di Jawa Timur. Jember merupakan daerah pandalungan dengan percampuran budaya yang memunculkan bahasa khas dalam komunikasi masyarakatnya. Jember dihuni oleh beberapa suku, dengan mayoritas suku Jawa dan Madura. Terdapat tiga bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari masyarakat Jember yakni bahasa Indonesia, bahasa Jawa, dan bahasa Madura. Fenomena campur kode dalam kehidupan sosial masyarakat Jember dapat ditemukan pada media-media massa yang digunakan dalam komunikasi sehari-hari. Salah satu jenis media yang digunakan untuk mempermudah komunikasi antar masyarakat yaitu radio. Radio sebagai salah satu media komunikasi tidak hanya menyampaikan informasi dan hiburan semata, tetapi di dalamnya juga terdapat iklan atau sponsor. Iklan yang ada di media massa khususnya radio sering menggunakan bahasa asing atau bahasa daerah sebagai daya tarik tersendiri. Radio Argopuro merupakan salah satu radio lokal Jember yang menyajikan beragam program yang menghibur dan memberikan informasi terkini kepada pendengarnya. Radio Argopuro sebagai radio lokal juga memiliki misi untuk menjadi wadah mempromosikan budaya lokal dan menginspirasi masyarakat untuk terus berkembang.dengan demikian, iklan yang diperdengarkan beragambaik dai segi isi dan tujuannya maupun tampilan bahasanna. Keragaman tampilan bahasa tersebut terutama disebakan oleh adanya fenomena campur kode. Penelitian ini berfokus pada campur kode yang berbentuk tuturan (lisan), karena objek dari penelitian ini adalah tuturan yang terdapat dalam iklan radio Argopuro 105.0 FM Kabupaten Jember. Fenomena campur kode di iklan di radio Argopuro menarik untuk diteliti karena mungkin berbeda dengan iklan dari daerah lain. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif-sosiolinguistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah segmen tutur, konteks tuturan dan hasil wawancara. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yang terdiri atas tiga alur tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pola percampuran bahasa (kode) yang digunakan dalam wacana iklan di radio Argopuro yaitu: bahasa asing dalam bahasa Indonesia, bahasa asing dalam bahasa Madura, bahasa Indonesia dalam bahasa Madura, bahasa Madura dalam bahasa Indonesia, dan bahasa Jawa dalam bahasa Madura. Fungsi campur kode dalam wacana iklan yaitu fungsi fungsi keabraban, fungsi persuasi, fungsi meningkatkan gengsi, fungsi menghormati, dan fungsi emosional. Faktor penyebab terjadinya campur kode dalam wacana iklan yaitu, identifikasi ragam, keinginan untuk menjelaskan dan mengklarifikasi, serta keterbatasan leksikal. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru bagi pembaca tentang campur kode dan memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu kebahasaan, baik secara teoretis maupun praktis. Dengan demikian, dikemukakan saran tentang pentingnya melakukan penelitian lanjutan agar kajian bahasa khususnya tentang campur kode akan terus berkembang. Penelitian lebih lanjut tentang campur kode dapat dilakukan dengan menganalisis bidang sosiolinguistik lainnya, seperti penelitian alih kode menggunakan objek yang sama untuk membuat penelitian ini lebih komprehensifen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Anita Widjajanti, S.S., M.Hum. Dosen Pembimbing Anggota : Bambang Edi Purnomo, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan & Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectCampur Kodeen_US
dc.subjectWacana Iklanen_US
dc.subjectRadio Argopuro 105 Jemberen_US
dc.titleCampur Kode dalam Wacana Iklan di Radio Argopuro 105 FM Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa & Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Anita Widjajanti, S.S., M.Hum.en_US
dc.identifier.pembimbing2Bambang Edi Pornomo, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 6 Januari 2025en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2025_01_tanggal 21en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record