Show simple item record

dc.contributor.authorWAHYUNINGSIH, Shintia Dwi
dc.date.accessioned2025-01-21T02:31:34Z
dc.date.available2025-01-21T02:31:34Z
dc.date.issued2024-11-29
dc.identifier.nim200210204169en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124992
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 21 Januari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk permainan ular tangga dengan topik menjaga kesehatan berbasis kearifan lokal. Media ini digunakan untuk memotivasi peserta didik kelas II di SDN Nogosari 01 Lumajang untuk menulis kalimat sederhana. Media ini diintegrasikan dengan salah satu kearifan lokal Lumajang, yaitu pawon urip. Pawon urip merupakan sebuah budaya lokal Lumajang yang mengajarkan tentang pentingnya menjaga kesehatan melalui konsumsi makanan sehat serta gotong royong. Terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan pada peserta didik kelas II di sekolah tersebut, seperti: peserta didik mengalami kesulitan menulis kalimat sederhana dengan pola kalimat yang benar; kurangnya penggunaan huruf kapital yang tepat; dan media pembelajaran yang kurang inovatif, sehingga peserta didik kurang antusias dalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: (1) bagaimana proses pengembangan media permainan ular tangga topik menjaga kesehatan berbasis kearifan lokal pada keterampilan menulis kalimat sederhana peserta didik kelas II di SDN Nogosari 01 Lumajang?; dan (2) bagaimana tingkat kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media permainan ular tangga topik menjaga kesehatan berbasis kearifan lokal pada keterampilan menulis kalimat sederhana peserta didik kelas II di SDN Nogosari 01 Lumajang?. Tujuan penelitian ini, yaitu mengetahui proses pengembangan media permainan ular tangga berbasis kearifan lokal dan mengetahui tingkat kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media tersebut pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, angket respons, tes hasil belajar, dan validasi dari para ahli. Validasi dilakukan oleh dosen ahli media dan bahasa, serta guru kelas. Hasil pengembangan media permainan ular tangga topik menjaga kesehatan berbasis kearifan lokal Lumajang yaitu validitas media dengan tahap validasi oleh dua ahli (bahasa dan materi) memperoleh skor 93,3. Hasil keefektifan dengan tes hasil belajar yaitu 85,71% dengan kategori sangat efektif. Hasil kepraktisan dengan angket respons peserta didik memperoleh skor 90. Produk media ular tangga dinilai sangat layak digunakan berdasarkan hasil validasi oleh ahli bahasa dan materi. Hasil tes menunjukkan bahwa permainan ular tangga ini efektif dalam membantu peserta didik menulis kalimat sederhana. Media ini dinilai praktis dan mudah digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media permainan ular tangga berbasis kearifan lokal dapat menjadi alat yang valid, efektif, dan praktis dalam meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana bagi peserta didik kelas II.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama : Dra. Suhartiningsih, M.Pd. Pembimbing Anggota: Kendid Mahmudi, S.Pd., M.PFis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPermainan Ular Tanggaen_US
dc.subjectKearifan Lokalen_US
dc.subjectKeterampilan Menulis Kalimat Sederhanaen_US
dc.titlePengembangan Media Permainan Ular Tangga Topik Menjaga Kesehatan Berbasis Kearifan Lokal pada Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Peserta Didik Kelas II di SDN Nogosari 01 Lumajangen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Dra. Suhartiningsih, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Kendid Mahmudi, S.Pd., M.PFis.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 6 Januari 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record