dc.contributor.author | MAHFIDHAH, Widya Ayu | |
dc.date.accessioned | 2025-01-20T05:31:23Z | |
dc.date.available | 2025-01-20T05:31:23Z | |
dc.date.issued | 2024-12-04 | |
dc.identifier.nim | 200210204214 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124976 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 20 Januari 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Abad 21 ini, siswa membutuhkan keterampilan pendukung dalam
pembelajaran, diantaranya adalah creative, critical thinking, collaboration skill,
dan communication skill atau secara kolektif yang disebut dengan keterampilan
4C. Keterampilan atau skill yang harus siswa punya pada abad 21 ini adalah
keterampilan komunikasi atau communication skill. Berdasarkan hasil wawancara
dengan guru kelas IV SDN 1 Asembagus bahwa dalam pembelajaran IPAS di
kelas sudah pernah menggunakan model pembelajaran kooperatif namun guru
hanya memfokuskan pada hasil pembelajaran yang dicapai. Saat pembelajaran
IPAS dilaksanakan oleh guru dalam kelas, masih terdapat siswa yang belum bisa
aktif dalam berkomunikasi, misal masih terdapat siswa yang hanya diam ketika
belajar bersama temannya, dan cenderung tidak aktif berbicara dan beradu pikiran
sehingga hal tersebut memengaruhi pemahaman siswa terhadap pembelajaran
yang dilaksanakan.
Menurut kajian literatur penelitian yang pernah dilakukan, bahwa dengan
model kooperatif tipe think pair share dapat memengaruhi kemampuan
komunikasi matematis siswa, namun model tersebut belum banyak dilakukan
terhadap communication skill siswa khususnya pada mata pelajaran IPA dengan
bantuan media flashcard. Permasalahan tersebut menjadi dasar rumusan masalah
pada penelitian ini. Rumusan penelitian ini adalah adakah pengaruh model
kooperatif tipe think pair share berbantuan flashcard terhadap communication
skill siswa kelas IV SDN 1 Asembagus?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut,
maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model
kooperatif tipe think pair share berbantuan flashcard terhadap communication
skill siswa kelas IV SDN 1 Asembagus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Asembagus yang berlokasi di Jalan
Krajan Timur, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo. Penelitian ini
dilaksanakan di semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VI berjumlah 46 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu
kelas IVA dengan jumlah siswa 23 orang dan kelas IVB dengan jumlah siswa 23
orang. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan melalui uji
homogenitas terlebih dahulu. Hasil uji homogenitas adalah sebesar 0,325 > 0,05
yang menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa antara kelas IVA dan IVB
sama atau homogen. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik selected
sampling. Hasil didapatkan bahwa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas
IVB sebagai kelas kontrol.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen jenis Pra-Experimental. Desain yang digunakan adalah Posttest-Only
Control Group Design. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah penilaian
observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi penilaian
communication skill. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini
diantaranya yaitu uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis dengan
menggunakan uji Mann Whitney. Hasil perhitungan uji Mann Whitney dengan
bantuan IBM SPSS versi 25 menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed)
sebesar 0,002 < 0,05 sehingga dapat diambil keputusan yaitu Ho ditolak dan Ha
diterima.
Berdasarkan penelitian tersebut kesimpulan yang dapat diambil adalah
terdapat pengaruh dalam penggunaan model kooperatif tipe think pair shre
berbantuan flashcard terhadap communication skill siswa kelas IV SDN 1
Asembagus. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing 1 : Drs. Nuriman, Ph.D.
Dosen Pembimbing 2 : Rizki Putri Wardani, M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Tipe Think Pair Share | en_US |
dc.subject | Flashcard | en_US |
dc.subject | Communication Skill | en_US |
dc.subject | Pengaruh Model Kooperatif | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Flashcard terhadap Communication Skill Siswa Kelas IV SDN 1 Asembagus | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Nuriman, P.hD. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Rizki Putri Wardani, M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 9 Januari 2025 | en_US |