Show simple item record

dc.contributor.authorMAHFIDHAH, Widya Ayu
dc.date.accessioned2025-01-20T05:31:23Z
dc.date.available2025-01-20T05:31:23Z
dc.date.issued2024-12-04
dc.identifier.nim200210204214en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124976
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 20 Januari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractAbad 21 ini, siswa membutuhkan keterampilan pendukung dalam pembelajaran, diantaranya adalah creative, critical thinking, collaboration skill, dan communication skill atau secara kolektif yang disebut dengan keterampilan 4C. Keterampilan atau skill yang harus siswa punya pada abad 21 ini adalah keterampilan komunikasi atau communication skill. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN 1 Asembagus bahwa dalam pembelajaran IPAS di kelas sudah pernah menggunakan model pembelajaran kooperatif namun guru hanya memfokuskan pada hasil pembelajaran yang dicapai. Saat pembelajaran IPAS dilaksanakan oleh guru dalam kelas, masih terdapat siswa yang belum bisa aktif dalam berkomunikasi, misal masih terdapat siswa yang hanya diam ketika belajar bersama temannya, dan cenderung tidak aktif berbicara dan beradu pikiran sehingga hal tersebut memengaruhi pemahaman siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Menurut kajian literatur penelitian yang pernah dilakukan, bahwa dengan model kooperatif tipe think pair share dapat memengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa, namun model tersebut belum banyak dilakukan terhadap communication skill siswa khususnya pada mata pelajaran IPA dengan bantuan media flashcard. Permasalahan tersebut menjadi dasar rumusan masalah pada penelitian ini. Rumusan penelitian ini adalah adakah pengaruh model kooperatif tipe think pair share berbantuan flashcard terhadap communication skill siswa kelas IV SDN 1 Asembagus?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model kooperatif tipe think pair share berbantuan flashcard terhadap communication skill siswa kelas IV SDN 1 Asembagus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Asembagus yang berlokasi di Jalan Krajan Timur, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo. Penelitian ini dilaksanakan di semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI berjumlah 46 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas IVA dengan jumlah siswa 23 orang dan kelas IVB dengan jumlah siswa 23 orang. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan melalui uji homogenitas terlebih dahulu. Hasil uji homogenitas adalah sebesar 0,325 > 0,05 yang menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa antara kelas IVA dan IVB sama atau homogen. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik selected sampling. Hasil didapatkan bahwa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis Pra-Experimental. Desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Group Design. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah penilaian observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi penilaian communication skill. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini diantaranya yaitu uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil perhitungan uji Mann Whitney dengan bantuan IBM SPSS versi 25 menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 sehingga dapat diambil keputusan yaitu Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penelitian tersebut kesimpulan yang dapat diambil adalah terdapat pengaruh dalam penggunaan model kooperatif tipe think pair shre berbantuan flashcard terhadap communication skill siswa kelas IV SDN 1 Asembagus.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing 1 : Drs. Nuriman, Ph.D. Dosen Pembimbing 2 : Rizki Putri Wardani, M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectTipe Think Pair Shareen_US
dc.subjectFlashcarden_US
dc.subjectCommunication Skillen_US
dc.subjectPengaruh Model Kooperatifen_US
dc.titlePengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Flashcard terhadap Communication Skill Siswa Kelas IV SDN 1 Asembagusen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Nuriman, P.hD.en_US
dc.identifier.pembimbing2Rizki Putri Wardani, M.Pden_US
dc.identifier.validatorKacung- 9 Januari 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record