dc.contributor.author | IMANIAR, Alfida Noora | |
dc.date.accessioned | 2025-01-20T05:13:51Z | |
dc.date.available | 2025-01-20T05:13:51Z | |
dc.date.issued | 2024-10-18 | |
dc.identifier.nim | 200210204082 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124971 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 20 Januari 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan untuk mencapai
keterampilan abad 21 adalah kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan atau
memecahkan masalah. Kemampuan berpikir kritis perlu dikembangkan kepada
setiap peserta didik. Pentingnya kemampuan berpikir kritis bagi setiap peserta didik
yaitu agar peserta didik dapat memecahkan segala permasalahan yang ada di dalam
dunia nyata. Berdasarkan hasil pengamatan pra siklus yan dilaksanakan
berdasarkan tes dan observasi diketahui bahwasannya kemampuan berpikir kritis
peserta didik secara klasikal di kelas V SDN 4 Besuki memiliki presentase sebesar
33% dan 28% dengan kategori kurang, selanjutnya direfleksikan dan dievaluasi
untuk diperbaiki pada pelaksanaan tindakan pada siklus I dengan menerapkan
model problem based learnin (PBL) berbantuan media leaflet.
PBL suatu bentuk pembelajaran yang memberikan peserta didik
kesempatan untuk memperoleh kemampuan yang diperlukan untuk belajar
pemecahan masalah. Dengan menyajikan pertanyaan-pertanyaan yang menggugah
pikiran, rasa ingin tahu peserta didik tersulut maka menumbuhkan keinginan belajar
bermakna. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan berpikir kritis
peserta didik kelas V SDN 4 Besuki pada materi siklus air melalui model PBL
berbantuan media leaflet.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 4 Besuki denan waktu
pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024.
Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SDN 4 Besuki dengan jumlah
18 peserta didik. Jenis penilitan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksankan sebanyak 2 siklus yan dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dengan 4 tahapan yitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dapat
ditingkatkan dengan menggunakan model problem based learning berbantuan
media letaflet. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan presentase berdasarkan
observasi secara klasikal pada pra siklus sebesar 28% dengan kategori cukup,
kemudian meningkat menjadi 47% dengan kategori cukup pada siklus I yang berarti
adanya peningkatan sebesar 19%, hingga menjadi 73% dengan kategori baik
dengan peningkatan sebesar 26% pada siklus II. Sedangkan pada presentase
berdasarkan tes secara klaskal pada fase pra siklus yaitu sebesar 33% dengan
kategori cukup, kemudian meningkat menjadi 50% dengan kategori cukup pada
siklus I yang berarti adanya peningkatan sebesar 17%. Hingga meningkat kembali
sebesar 20% yang menjadi 70% dengan kategori baik pada siklus II.
Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka
dapat disimpulkan bahwa model PBL berbantuan media leaflet pada materi siklus
air dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SDN 4
Besuki. Saran bagi guru yaitu pembelajaran dengan model PBL berbantusn media
leaflet dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir
kritis peserta didik, dan bagi peneliti lain yaitu hasil penelitian ini diharapkan dapat
membantu peneliti lain untuk mengembangkan penelitian tingkat lanjut agar
mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama Drs. Nuriman, Ph.D.
Pembimbing Anggota Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.Pfis. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Berpikir Kritis | en_US |
dc.subject | Problem Based Learning | en_US |
dc.subject | Media Leaflet | en_US |
dc.title | Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V SD Negeri 4 Besuki pada Materi Siklus Air Melalui Model PBL Berbantuan Media Leaflet | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | : Drs. Nuriman, Ph.D. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.Pfis | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 19 Desember 2024 | en_US |