Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Cloud Computing pada Sub Materi Sumber Daya Alam Siswa SMA
Abstract
Integrasi teknologi pada proses pembelajaran memiliki potensi besar untuk
meningkatkan aksesibilitas, fleksibilitas, dan kualitas pendidikan. Inovasi
pembelajaran yang pesat dalam pengembangan media berbasis teknologi dapat
mengoptimalkan efisiensi dan efektivitas kesuksesan belajar. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran berbasis
cloud computing dengan menggunakan jenis penelitian Research and
Development berupa model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implement, Evaluate) yang mencakup analisis kebutuhan, validitas
media, dan respon siswa terhadap adanya media tersebut. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa media tersebut dinilai sangat valid dengan perolehan skor
total validasi media sebesar 4,8 termasuk kriteria sangat valid, skor validasi materi
sebesar 4,6 termasuk kriteria sangat valid, dan skor validasi praktisi pembelajaran
sebesar 4 termasuk kriteria valid. Hasil berikutnya respon siswa memperoleh skor
sebesar 4,2 dalam kriteria sangat baik pada kelompok ujicoba kecil dan skor 4,25
dalam kriteria sangat baik pada kelompok ujicoba besar. Berdasarkan hasil
penelitian, media pembelajaran berbasis cloud computing sangat layak dan cocok
untuk digunakan dalam pembelajaran.