Show simple item record

dc.contributor.authorWIANTO, Ari Dwi
dc.date.accessioned2025-01-16T07:39:27Z
dc.date.available2025-01-16T07:39:27Z
dc.date.issued2024-10-18
dc.identifier.nim212520102043en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124921
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 16 Januari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractRumah Sakit (RS) Islam Lumajang adalah RS swasta type D, berdiri sejak tahun 2003 dan dimiliki oleh Yayasan RS Islam Lumajang. Rumah Sakit Islam Lumajang merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat, dimana dari awal berdiri sampai sekarang, semua pasien yang rawat inap di kelas 3 gratis biaya kamar, termasuk biaya makan dan obat obat generik. Hasil studi pendahuluan dari bagian Humas RS Islam Lumajang didapatkan jumlah kunjungan pasien Jaminan Kesehatan Nasional Belum Kelas Rawat Inap Standar (kelas 3) tahun 2023 mengalami penurunan setiap bulannya. Bulan Februari terjadi penurunan sebesar 9 pasien dari bulan Januari sedangkan pada bulan Maret terjadi penurunan sebesar 23 pasien. Hasil penurunan jumlah kunjungan pasien rawat inap tersebut berkesinambungan dengan menurunnya jumlah kepuasan pasien. Rata-rata kepuasan pasien empat tahun terakhir sebesar 79,70%. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit menjelaskan bahwa standar kepuasan pelanggan rawat inap sebesar ≥ 90%. Selain angka kunjungan dan angka kepuasan, salah satu indikator mutu pelayanan yaitu nilai Bed Occupancy Rate (BOR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepuasan pasien Jaminan Kesehatan Nasional Kelas Rawat Inap Standar (JKN KRIS) dan Belum Kelas Rawat Inap Standar (Belum KRIS) di RS Islam Lumajang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi JKN KRIS sebesar 568 responden, populasi JKN Belum KRIS sebesar 392 responden, sampel JKN KRIS sebesar 100 responden dan sampel JKN Belum KRIS sebesar 106 responden. Penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney dengan skala data ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kepuasan antara pasien JKN KRIS dan JKN Belum KRIS dengan nilai p value sebesar 0,000 lebih kecil dibandingkan dengan α sebesar 0,05. Sedangkan dari masing masing dimensi, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kepuasan antara pasien JKN KRIS dan JKN Belum KRIS dimensi tangible dengan nilai p value sebesar 0,000 lebih kecil dibandingkan dengan α sebesar 0,05. Namun tidak ada perbedaan kepuasan antara pasien JKN KRIS dan JKN Belum KRIS dari segi dimensi reliability, dimensi assurance, dimensi responsiveness, dan dimensi emphaty dengan nilai p value berturut-turut sebesar 0,233; 0,547; 0,435; 0,269 lebih besar dibandingkan dengan α sebesar 0,05. Prioritas masalah dalam penelitian ini menggunakan Metode IPA, adapun prioritas masalah dalam penelitian ini meliputi dinding kamar berjamur, suhu/udara di dalam kamar tidak sejuk, cahaya di dalam kamar tidak cukup terang, kecuali saat tidur, kamar mandi ada di dalam kamar dan kurang bersih, dan setiap tempat tidur memiliki lemari kecil tempat penyimpanan barang pasien yang tidak dilengkapi dengan kunci. Solusi dari hasil brainstorming dengan manajemen RS Islam Lumajang akan berkomitmen untuk menjalankan program KRIS secara bertahap di tahun ini dengan mengacu pada rancangan 12 konsep kriteria JKN KRIS.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Prof. Dr. drg. Sri Hernawati., M.Kes Pembimbing Anggota drg. Iwan Dewanto MMR., Ph.Den_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherProgram Pascasarjanaen_US
dc.subjectJaminan Kesehatan Nasionalen_US
dc.subjectKepuasan Pasienen_US
dc.subjectKelas Rawat Inap Standaren_US
dc.subjectYayasan RS Islam Lumajangen_US
dc.titleAnalisis Perbedaan Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional Kelas Rawat Inap Standar (JKN KRIS) dan Belum Kelas Rawat Inap Standar (Belum KRIS) di RS Islam Lumajangen_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiMagister Ilmu Kesehatan Masyarakaten_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. drg. Sri Hernawati., M.Kesen_US
dc.identifier.pembimbing2drg. Iwan Dewanto MMR., Ph.Den_US
dc.identifier.validatorKacung- 18 Desember 2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record