• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Media Belajar Multiply Card terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian pada Siswa Kelas III SDN Kejayan 1 Pujer Bondowoso

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI DEWI SRI PUJI LESTARI_180210204230.pdf (4.344Mb)
    Date
    2024-09-12
    Author
    LESTARI, Dewi Sri Puji
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Seorang guru dituntut untuk dapat menerapkan berbagai media pembelajaran agar nantinya dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan juga dapat menarik minat peserta didik dalam belajar. Media yang memiliki kriteria baik salah satunya dengan menggunakan bahan yang mudah diperoleh atau mudah dibuat sendiri. Keaktifan peserta didik dalam belajar, menjadi alasan utama untuk menerapkan model pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik. Terdapat beberapa media pembelajaran yang sangat menarik untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar. Salah satunya yaitu media pembelajaran multiply card. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh penggunaan media belajar multiply card terhadap hasil belajar materi perkalian pada siswa kelas III SDN Kejayan 1 Pujer Bondowoso. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment dengan pola non-equivalent control group. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III A dan III B SDN Kejayan 1 Bondowoso yang masing-masing berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji sampel terpisah dan uji keefektifan relatif. Hasil uji-t yaitu menunjukkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,986 > 2,000, sehingga penerapan multiply card berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Kejayan 1 Bondowoso. Hasil uji keefektifan relatif adalah jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan buku siswa. Dari total 100% keefektifan, 42,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor yang berpengaruh tersebut merupakan faktor yang berasal dari dalam ataupun luar siswa seperti kemampuan, motivasi belajar, lingkungan, serta penyampaian materi dari guru dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media belajar multiply card terhadap hasil belajar materi perkalian pada siswa kelas III SDN Kejayan 1 Pujer Bondowoso. Saran yang dapat diberikan yaitu siswa, diharapkan dapat terus mengembangkan pemahaman khususnya pada materi perkalian. Guru dalam menerapkan multiply card diharapkan dapat mengondisikan kelas dengan lebih baik agar mendapatkan hasil yang lebih optimal. Peneliti lain, diharapkan dapat memaksimalkan penggunaan penerapan media multiply card dengan diintegrasikan dengan pelaksanaan pembelajaran yang lebih interaktif dan inovatif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124868
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository