Pengaruh Penggunaan Media Belajar Multiply Card terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian pada Siswa Kelas III SDN Kejayan 1 Pujer Bondowoso
Abstract
Seorang guru dituntut untuk dapat menerapkan berbagai media
pembelajaran agar nantinya dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan
juga dapat menarik minat peserta didik dalam belajar. Media yang memiliki kriteria
baik salah satunya dengan menggunakan bahan yang mudah diperoleh atau mudah
dibuat sendiri. Keaktifan peserta didik dalam belajar, menjadi alasan utama untuk
menerapkan model pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan media
pembelajaran yang menarik. Terdapat beberapa media pembelajaran yang sangat
menarik untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar. Salah satunya yaitu media
pembelajaran multiply card. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau
tidak adanya pengaruh penggunaan media belajar multiply card terhadap hasil
belajar materi perkalian pada siswa kelas III SDN Kejayan 1 Pujer Bondowoso.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi
experiment dengan pola non-equivalent control group. Subjek dalam penelitian ini
yaitu siswa kelas III A dan III B SDN Kejayan 1 Bondowoso yang masing-masing
berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,
observasi, dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data penelitian ini
menggunakan uji sampel terpisah dan uji keefektifan relatif.
Hasil uji-t yaitu menunjukkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,986 > 2,000,
sehingga penerapan multiply card berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar
siswa kelas III SDN Kejayan 1 Bondowoso. Hasil uji keefektifan relatif adalah jika
dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan buku siswa. Dari
total 100% keefektifan, 42,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor yang
berpengaruh tersebut merupakan faktor yang berasal dari dalam ataupun luar siswa seperti kemampuan, motivasi belajar, lingkungan, serta penyampaian materi dari
guru dalam pembelajaran.
Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
penggunaan media belajar multiply card terhadap hasil belajar materi perkalian
pada siswa kelas III SDN Kejayan 1 Pujer Bondowoso. Saran yang dapat diberikan
yaitu siswa, diharapkan dapat terus mengembangkan pemahaman khususnya pada
materi perkalian. Guru dalam menerapkan multiply card diharapkan dapat
mengondisikan kelas dengan lebih baik agar mendapatkan hasil yang lebih optimal.
Peneliti lain, diharapkan dapat memaksimalkan penggunaan penerapan media
multiply card dengan diintegrasikan dengan pelaksanaan pembelajaran yang lebih
interaktif dan inovatif.