• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan terhadap Jiwa Wirausaha

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Hanif Latifah - 200210301110.pdf (1.698Mb)
    Date
    2024-09-20
    Author
    LATIFAH, Hanif
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan pembelajaran dalam kurikulum merdeka salah satunya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). P5 merupakan kegiatan pembelajaran berbasis proyek yang berfokus dalam aspek pengetahuan, keterampilan dan penguatan karakter peserta didik dengan tujuan untuk mengembangkan nilai, sikap dan perilaku yang mencerminkan akhlak mulia. Pelaksanaan P5 telah dilakukan di SMAN 1 Gambiran Banyuwangi dengan tema salah satunya yaitu kewirausahaan. P5 kewirausahaan di SMAN 1 Gambiran Banyuwangi telah membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Jiwa wirausaha yang dimiliki peserta didik sangat penting untuk dikembangkan karena dapat mengembangkan diri sebagai individu yang bermanfaat. Peserta didik dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri sehingga menjadi seorang wirausahawan yang memperoleh keuntungan finansial, mengasah softskill, mendapat berbagai pengalaman, dan belajar mengenali kemampuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terkait penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kewirausahaan terhadap jiwa wirausaha peserta didik kelas X-9 di SMAN 1 Gambiran Banyuwangi tahun pelajaran 2023/2024 sehingga hipotesis dari penelitian ini yaitu ada pengaruh yang signifikan P5 kewirausahaan terhadap jiwa wirausaha peserta didik kelas X-9 di SMAN 1 Gambiran Banyuwangi tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana peneliti akan mengukur pengaruh yang signifikan terkait penerapan P5 kewirausahaan terhadap jiwa wirausaha peserta didik kelas X-9 di SMAN 1 Gambiran Banyuwangi. Peneliti menentukan lokasi penelitian dengan teknik purposive area, sedangkan untuk menentukan sampel menggunakan metode sampling purposive. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumen. Metode analisis data uji t (parsial). Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran angket dan hasil wawancara peserta didik tentang pelaksanaan P5 kewirausahan di SMAN 1 Gambiran Banyuwangi. Data sekunder dalam penelitian ini berupa modul ajar serta nilai akhir proyek peserta didik kelas X-9. Wawancara dilakukan untuk memperoleh data pendukung mengenai P5 kewirausahaan dengan bertanya langsung kepada peserta didik kelas X-9. Hasil penelitian serta analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa pengaruh P5 tema kewirausahaan terhadap jiwa wirausaha peserta didik kelas X-9 di SMAN 1 Gambiran Banyuwangi sebesar 77,4% sedangkan sisanya yaitu 22,6% dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya yang tidak diteliti oleh peneliti seperti faktor keluarga, keadaan ekonomi, dan sumberdaya yang tersedia. Hasil uji T (uji parsial) dalam penelitian ini diperoleh dengan nilai thitung = 10,958 lebih besar dari nilai ttabel (1,690) dengan tingkat signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut dikarenakan P5 kewirausahaan di SMAN 1 Gambiran Banyuwangi telah mendapat tanggapan positif dari peserta didik. Adanya P5 kewirausahaan, peserta didik dapat belajar untuk mengenali kemampuannya sejak dini, hal itu sebagai tindakan antisipasi untuk meminimalisir tingkat penggangguran di masa depan. Peserta didik dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri sehingga menjadi seorang wirausahawan yang memperoleh keuntungan finansial, mengasah softskill, serta mendapat berbagai pengalaman. Oleh karena itu, jiwa wirausaha dikalangan pelajar mempunyai pengaruh yang sangat penting untuk dikembangkan yang nantinya akan membawa manfaat positif bagi peserta didik serta masyarakat sekitarnya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124600
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail