Pengaruh Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan terhadap Jiwa Wirausaha
Abstract
Kegiatan pembelajaran dalam kurikulum merdeka salah satunya Proyek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). P5 merupakan kegiatan pembelajaran
berbasis proyek yang berfokus dalam aspek pengetahuan, keterampilan dan
penguatan karakter peserta didik dengan tujuan untuk mengembangkan nilai, sikap
dan perilaku yang mencerminkan akhlak mulia. Pelaksanaan P5 telah dilakukan di
SMAN 1 Gambiran Banyuwangi dengan tema salah satunya yaitu kewirausahaan.
P5 kewirausahaan di SMAN 1 Gambiran Banyuwangi telah membekali peserta
didik dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi seorang wirausahawan
yang sukses.
Jiwa wirausaha yang dimiliki peserta didik sangat penting untuk
dikembangkan karena dapat mengembangkan diri sebagai individu yang
bermanfaat. Peserta didik dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri sehingga
menjadi seorang wirausahawan yang memperoleh keuntungan finansial, mengasah
softskill, mendapat berbagai pengalaman, dan belajar mengenali kemampuannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terkait
penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kewirausahaan
terhadap jiwa wirausaha peserta didik kelas X-9 di SMAN 1 Gambiran Banyuwangi
tahun pelajaran 2023/2024 sehingga hipotesis dari penelitian ini yaitu ada pengaruh
yang signifikan P5 kewirausahaan terhadap jiwa wirausaha peserta didik kelas X-9
di SMAN 1 Gambiran Banyuwangi tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana peneliti akan
mengukur pengaruh yang signifikan terkait penerapan P5 kewirausahaan terhadap jiwa wirausaha peserta didik kelas X-9 di SMAN 1 Gambiran Banyuwangi. Peneliti
menentukan lokasi penelitian dengan teknik purposive area, sedangkan untuk
menentukan sampel menggunakan metode sampling purposive. Metode
pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumen. Metode
analisis data uji t (parsial). Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil
penyebaran angket dan hasil wawancara peserta didik tentang pelaksanaan P5
kewirausahan di SMAN 1 Gambiran Banyuwangi. Data sekunder dalam penelitian
ini berupa modul ajar serta nilai akhir proyek peserta didik kelas X-9. Wawancara
dilakukan untuk memperoleh data pendukung mengenai P5 kewirausahaan dengan
bertanya langsung kepada peserta didik kelas X-9.
Hasil penelitian serta analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa
pengaruh P5 tema kewirausahaan terhadap jiwa wirausaha peserta didik kelas X-9
di SMAN 1 Gambiran Banyuwangi sebesar 77,4% sedangkan sisanya yaitu 22,6%
dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya yang tidak diteliti oleh peneliti seperti
faktor keluarga, keadaan ekonomi, dan sumberdaya yang tersedia. Hasil uji T (uji
parsial) dalam penelitian ini diperoleh dengan nilai thitung = 10,958 lebih besar dari
nilai ttabel (1,690) dengan tingkat signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut
dikarenakan P5 kewirausahaan di SMAN 1 Gambiran Banyuwangi telah mendapat
tanggapan positif dari peserta didik. Adanya P5 kewirausahaan, peserta didik dapat
belajar untuk mengenali kemampuannya sejak dini, hal itu sebagai tindakan
antisipasi untuk meminimalisir tingkat penggangguran di masa depan. Peserta didik
dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri sehingga menjadi seorang
wirausahawan yang memperoleh keuntungan finansial, mengasah softskill, serta
mendapat berbagai pengalaman. Oleh karena itu, jiwa wirausaha dikalangan pelajar
mempunyai pengaruh yang sangat penting untuk dikembangkan yang nantinya akan
membawa manfaat positif bagi peserta didik serta masyarakat sekitarnya.