Efektivitas Kinerja Pegawai Front Office Pelayanan Administrasi Kependudukan di Mal Pelayanan Publik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas kinerja pegawai front office
pegawai pelayanan administrasi kependudukan di Mal Pelayanan Publik Kabupaten
Kabupaten Banyuwangi. Mal Pelayanan Publik adalah tempat dimana kegiatan atau
tempat berlangsungnya kegiatan atau aktivitas penyelenggaraan pelayanan administrasi publik dalam satu pintu. Kehadiran Mal Pelayanan Publik diharapkan dapat memberikan kemudahan
kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat. Konsep penelitian ini
menggunakan konsep kinerja pegawai dari Hasibuan (2001) yang didasarkan pada
keterampilan karyawan, pengalaman karyawan, dan ketepatan waktu. Penelitian ini menggunakan metode
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode
observasi dan wawancara, untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data
Teknik analisis data menggunakan teknik dari Miles, Huberman dan Saldana (2014), dalam
dalam menganalisis data, peneliti menganalisis dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan
menarik kesimpulan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pelayanan yang kurang baik
dari pegawai front office pelayanan kependudukan pada awal berdirinya Mal Pelayanan
seiring dengan berjalannya waktu kinerja pegawai front office pelayanan kependudukan
kinerja pegawai administrasi kependudukan di Mal Pelayanan Publik sudah efektif yang
dibuktikan dengan kecakapan pegawai dan ketentuan waktu pelayanan. Hasil dalam penelitian ini jika dianalisis menggunakan konsep penelitian ini jika dianalisis dengan menggunakan konsep kinerja pegawai dari Hasibuan
(2001) menunjukkan efektivitas kinerja pegawai front office.