Show simple item record

dc.contributor.authorSAPUTRA, Faiz Adnan
dc.date.accessioned2024-10-11T08:25:38Z
dc.date.available2024-10-11T08:25:38Z
dc.date.issued2024-07-24
dc.identifier.nim190910201056en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124408
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 11 Oktober 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu instansi di Kabupaten Tulungagung yang menjadi unsur pelaksana serta bertanggung jawab dalam pengelolaan data kependudukan dan pencatatan sipil bagi masyarakat Kabupaten Tulungagung. Setiap penyelenggaraan pelayanan publik khususnya pelayanan administrasi kependudukan pemerintah berupaya melakukan berbagai inovasi pelayanan yang dapat mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan publik. Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung sebagai pemberi pelayanan publik dituntut untuk memberikan kualitas pelayanan yang baik kepada masyarakat. Berbagai cara dilakukan seperti menghadirkan bentuk inovasi pelayanan alternatif Pandu Cakti yang merupakan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil yang tersedia di kantor desa atau kelurahan di wilayah Kabupaten Tulungagung. Pandu Cakti menyediakan pelayanan seperti kartu keluarga, akta kelahiran, akta kematian, surat pindah, dan kartu identitas anak. Pelayanan alternatif ini mempermudah masyarakat tanpa perlu datang ke kantor dispendukcapil untuk mengurus dokumen kependudukan dan catatan sipil cukup datang ke kantor desa dengan membawa berkas persyaratan yang diperlukan. Pelayanan adminduk Pandu Cakti mirip dengan layanan konvensional yang ada pada kantor terutama dalam hal peralatan yang digunakan, produk pelayanan, standar pelayanan, waktu pelayanan, dan pertanggungjawaban yang sama. Namun, terdapat perbedaan pada persepsi pengguna layanan konvensional di Kantor Dispendukcapil dengan layanan alternatif Pandu Cakti Kabupaten Tulungagung hal tersebut dapat dilihat dari komentar-komentar di media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif dimana untuk pengukuran dalam penelitian ini menggunakan metode service performance (SERVPERF) yang mengukur kualitas pelayanan berdasarkan kinerja dari pelayanan yang diterima atau dirasakan masyarakat sebagai pengguna layanan. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi infinit dengan masingmasing 98 sampel untuk setiap jenis layanan sehingga total 196 sampel dan untuk penarikan sampel menggunakan teknik non-probability sampling (accidental sampling) yaitu siapa saja yang kebetulan ditemui cocok sebagai sumber data pada saat di lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik non parametrik Mann Whitney. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kualitas pelayanan pembuatan akta kelahiran antara Kantor Dispendukcapil dengan layanan Pandu Cakti Kabupaten Tulungagung terutama pada dua dimensi kualitas pelayanan yaitu dimensi responsiveness dan empathy. Kedua dimensi tersebut menunjukkan nilai signifikansi (0,00) yang kurang dari taraf signifikansi yang telah ditetapkan (0,05) sehingga dapat diambil kesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dari itu, kualitas pelayanan pembuatan akta kelahiran antara Kantor Dispendukcapil dengan Pandu Cakti Kabupaten Tulungagung dapat dikatakan terdapat perbedaan dari segi dimensi responsivess dan empathy sedangkan ketiga dimensi yang lain seperti tangible, reliability, dan assurance menunjukkan nilai signifikansi 0,123 untuk tangible, 0,467 untuk reliability, 0,87 untuk assurance sehingga nilai tersebut lebih dari taraf signifikansi yang telah ditetapkan 0,05 yang artinya Ho diterima dan Ha ditolak sehingga tidak terdapat perbedaan yang signifikan kualitas pelayanan pembuatan akta kelahiran antara Kantor Dispendukcapil dengan Pandu Cakti Kabupaten Tulungagungen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Sutomo, M.Si Dosen Pembimbing Anggota : Drs. Anwar, M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherIlmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectPembuatan Akta Kelahiranen_US
dc.subjectPelayanan Publiken_US
dc.subjectKabupaten Tulungagungen_US
dc.subjectPencatatan Sipilen_US
dc.titlePerbandingan Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan Pandu Cakti Kabupaten Tulungagungen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Administrasi Negaraen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sutomo, M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Anwar, M.Sien_US
dc.identifier.validatorKacung- 9 Oktober 2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record