• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Profil Berpikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Lengkung Berdasarkan Level Van Hiele

    Thumbnail
    View/Open
    Maulifa Yunita Sari (1.107Mb)
    Date
    2024-07-10
    Author
    SARI, Maulifa Yunita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Geometri mempunyai peluang yang cukup besar untuk dipahami siswa dibandingkan dengan cabang matematika lainnya (Afifuddin, 2018). Namun, faktanya di lapangan menunjukkan bahwa siswa masih kurang menguasai materi geometri, khususnya materi bangun ruang sisi lengkung. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah proses berpikir siswa. Diketahui bahwa setiap siswa memiliki proses berpikir dan cara penyelesaian yang berbeda dalam menyelesaikan suatu masalah geometri. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya tingkat berpikir siswa dalam geometri. Teori yang dapat mengklasifikasikan tingkat berpikir siswa dalam geometri adalah teori van Hiele. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan analisis mengenai profil berpikir siswa SMP dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi lengkung berdasarkan level van Hiele. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil berpikir siswa SMP dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi lengkung berdasarkan level van Hiele. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Jember. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu satu siswa untuk masingmasing level berpikir van Hiele (visualisasi, analisis, dan deduksi informal). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain tes VHGT (Van Hiele Geometry Test), tes penyelesaian masalah, pedoman wawancara serta lembar validasi. Hasil tes VHGT (Van Hiele Geometry Test) pada penelitian ini, diperoleh bahwa siswa mencapai level pravisualisasi, visualisasi, analisis, dan deduksi informal dengan persentase berturut-turut adalah 10%, 37%, 47%, dan 6%. Setelah itu, diberikan tes penyelesaian masalah untuk mengetahui profil berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi lengkung berdasarkan level van Hiele.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124386
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15484]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository