• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan LKPD Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Mengefektifkan Pembelajaran Materi Gaya pada Siswa Kelas IV di SDN Wonorejo 01 Lumajang

    Thumbnail
    View/Open
    skripsi_Ayu Trisna Wulandari_190210204100.pdf (2.135Mb)
    Date
    2024-05-31
    Author
    WULANDARI, Ayu Trisna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) saat ini menjadi kunci penting dalam menghadapi tantangan di masa depan. Peran pendidikan IPA sangat penting dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, diperlukan inovasi-inovasi yang kreatif dan menarik bagi siswa, salah satunya dengan mengembangkan bahan ajar atau lembar kerja peserta didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, keefektifan LKPD berbasis STEM (Science, Technology, Enginerring, and Mathematics). Melalui wawancara yang dilakukan dengan guru kelas IV SDN Wonorejo 01 Lumajang, menunjukkan bahwa guru belum pernah membuat atau mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis STEM. Guru hanya terfokus pada LKPD konvensional yang dibuat olah Dinas Pendidikan. Selanjutnya pada kegiatan observasi, diketahui dalam proses pembelajaran tidak semua siswa aktif dan antusias, tidak bersemangat, dan mudah bosan. Selain itu, pada kegiatan dokumentasi ditemukan bahwa banyak siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) dikarenakan kurang adanya penerapan materi dan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan inovasi atau pembaharuan untuk membantu siswa dalam memahami materi, meningkatkan semangat belajar, antusias, dan meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Salah satunya adalah dengan mengembangkan LKPD berbasis STEM khususnya pada materi gaya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) model Plomp. Penelitian ini terdiri dari 3 tahap. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wonorejo 01 Lumajang pada kelas IV-A dan IV-B sebanyak 44 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data validasi produk, uji independet sampel t-test, analisis data keefektifan relatif produk (ER), dan analisis data respon peserta didik. Hasil validasi produk LKPD yang dikembangkan mendapatkan skor 91,7 dengan kategori sangat layak. Hasil analisis pada hasil belajar siswa kelas eksperimen pada ranah kognitif memperoleh rata-rata nilai pre-test dan post-test 23%, sedangkan pada kelas kontrol pada ranah kognitif memperoleh rata-rata nilai pre-test dan post-test 11%. Berdasarkan nilai rata-rata tersebut hasil belajar kedua kelas menunjukkan keefektifan relatif (ER) mencapai 68,3% dengan kategori keefektifan tinggi. Selain itu, hasil uji kepraktisan LKPD berbasis STEM menggunakan angket respon siswa menunjukkan persentase skor 95,45% dengan kategori sangat efektif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124378
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15279]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository