Show simple item record

dc.contributor.authorZunita Khuna Triani
dc.date.accessioned2013-12-24T06:08:30Z
dc.date.available2013-12-24T06:08:30Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM080210101017
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12435
dc.description.abstractSubyek penelitian ini adalah siswa kelas IX C. Pemilihan subjek penelitian ini berdasarkan saran dari guru bidang studi matematika yang menginformasikan bahwa dalam kelas ini mempunyai permasalahan yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa yang rendah, sehingga peneliti melakukan observasi di kelas IX C untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Penelitian ini menggunakan dua siklus dan setiap siklusnya mencakup empat tahapan, yaitu perencanaan/perencanaan ulang, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan tanggal 10 November 2012 sampai dengan 1 Desember 2012. Dari hasil observasi didapatkan pada siklus 1 rata-rata persentase aktivitas siswa mencapai 77,05% (aktif) dan pada siklus 2 rata-rata persentase aktivitas siswa mencapai 86,57% (sangat aktif). Kemudian hasil analisis observasi aktivitas guru yang dilakukan oleh guru bidang studi matematika kelas IX C, Persentase rata-rata aktivitas guru pada siklus 1 mencapai 93,33% (sangat aktif) sedangkan pada siklus 2 mencapai 94,45% (sangat aktif). Hasil analisis kentutasan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan SAVI, pada siklus 1 mencapai 72,22% dengan 10 siswa tidak tuntas belajar dan 32 siswa yang tuntas, dan pada siklus 2 mencapai 86,11% dengan 6 siswa tidak tuntas belajar dan 30 siswa yang tuntas. Dari hasil analisis yang didapatkan membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan SAVI efektif untuk digunakan dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210101017;
dc.subjectSAVI, Luas Permukaan, Volume Bangun Ruang Sisi Lengkungen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN SAVI ( SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELECTUAL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI SMPN 2 JENGGAWAH KELAS IX C SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record