Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Menulis Cerita Peserta Didik Kelas II SDN Glagaharum Sidoarjo Tema Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan di SDN Glagaharum Sidoarjo yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari penggunaan media kartu bergambar terhadap kemampuan menulis cerita kelas peserta didik kelas II SDN Glagaharum Sidoarjo tema keselamatan di rumah dan perjalanan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest only control group. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu diperoleh hasil thitung > ttabel (6,086 > 2,037), sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu bergambar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis cerita kelas peserta didik kelas II SDN Glagaharum Sidoarjo tema keselamatan di rumah dan perjalanan.
Kata Kunci: media kartu bergambar; kemampuan menulis cerita; peserta didik.