dc.contributor.author | NURHALIZZA, Mirza | |
dc.date.accessioned | 2024-08-27T08:03:33Z | |
dc.date.available | 2024-08-27T08:03:33Z | |
dc.date.issued | 2023-03-21 | |
dc.identifier.nim | 160210302091 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124255 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik_Afiyah tgl 27 agustus 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Pembelajaran sejarah sejatinya ada sebagai suatu ilmu yang mempelajari
bagaimana perkembangan kehidupan manusia dan juga nilai-nilai yang ada dalam
kehidupan manusia dari masa lalu hingga masa sekarang. Adanya pembelajaran
sejarah menjadi upaya dalam pembentukan karakter manusia dalam hal
kecerdasan emosional, sikap serta kepribadian yang baik. Mata pelajaran sejarah
didalamnya mengkaji mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi dimasa lampau,
karena hal tersebut guru diharapakan dapat menyajikan materi pembelajaran
sejarah dengan semenarik mungkin dengan bantuan media pembelajaran.
Permasalahan penelitian ini kurangnya inovasi penggunaan media pembelajaran
di SMA Negeri 1 Pacet yang mana pada proses pembelajaran hanya menggunakan
media slide power point saja, selain itu Kurikulum 2013 yang sedang diterapkan
juga menuntut kemampuan menganalisis peserta didik dalam tingkat SMA,
sehingga peningkatan kemampuan menganalisis peserta didik sangat diperlukan
bagi keberhasilan pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan
metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yakni
Pre-Experimental Design dengan jenis design The One Group Pretest-Posttest
Design. Sampel diambil dari peserta didik SMA Negeri 1 Pacet sebanyak 33
peserta didik. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan dengan menggunakan
instrument penelitian berupa observasi, test dan angket untuk mengumpulkan
data. Instrumen yang dikembangkan mengacu pada indicator kemampuan
menganalisis yang dikemukakan oleh Anderson dan Krathwohl (2010) yaitu
(1)Membedakan; (2)Mengorganisasi; (3) Mendekontruksi.
xi
Hasil penelitian pemanfaatan media documentary film terhadap kemampuan
menganalisis peserta didik terdapat pengaruh antara pemanfaatan media
documentary terhadap kemampuan menganalisis pada kelas eksperimen setalah
dilakukan uji paired sampel test dengan memperoleh nilai t-hitung kelas
eksperimen yaitu 6.304 dengan probablitas signifikasi sebesar 0,000. Berdasarkan
hal tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa probabilitas Sig.(2-tailed) 0,000
< 0,05 artinya pemanfaatan media documentary film berpengaruh terhadap
peningkatan kemampuan menganalisis peserta didik pada sejarah arsitektural.
Efektifitas pemanfaatan media documentary film setelah diuji menggunakan uji
square didapatkan hasil sebesar 0,53 (large effect). Maka dapat disimpulkan
bahwa pemanfaaatan media documentary film untuk meningkatkan kemampuan
menganalisis pada peserta didik mengenai sejarah arsitektural efektifiasnya sangat
berpengaruh besar bagi peningkatan kemampuan menganalisis peserta didik pada
pembelajaran sejarah | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | PEMANFAATAN MEDIA DOCUMENTARY FILM | en_US |
dc.subject | KEMAMPUAN MENGANALISIS | en_US |
dc.subject | SEJARAH ARSITEKTURAL | en_US |
dc.title | Pengaruh Pemanfaatan Media Documentary Film Terhadap Kemampuan Menganalisis Peserta Didik Pada Sejarah Arsitektural | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Sejarah | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof.Dr.Bambang Soepeno, M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Rully Putri Nirmala Puji, S.Pd, M.Ed | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |