• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Edukasi Video Animasi tentang Anemia terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Konsumsi Makan Siswi SMA Negeri Pakusari

    Thumbnail
    View/Open
    doc (1).pdf (1.989Mb)
    Date
    2024-04-30
    Author
    SAFITRI, Nadhifah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Anemia merupakan kondisi saat kadar hemoglobin (Hb) dalam darah lebih rendah dari kadar hemoglobin normal. Anemia lebih banyak terjadi pada perempuan karena setiap bulan mengalami menstruasi yang menyebabkan kehilangan darah setiap bulan Prevalensi anemia pada siswi di Jawa Timur tahun 2019 sebesar 42% dan di Kabupaten Jember Jember Tahun 2019/2020, prevalensi anemia tertinggi pada siswi SMA berada di Kecamatan Pakusari dengan prevalensi sebesar 39,2%, jika persentase lebih dari 39% termasuk dalam kategori masalah kesehatan berat. Anemia dapat disebabkan karena mengonsumsi makanan rendah zat besi. Hal tersebut disebabkan oleh pengetahuan gizi yang rendah. Edukasi menggunakan media video merupakan cara yang efektif karena semakin banyak panca indera yang digunakan, semakin jelas pengetahuan yang diperoleh. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan One-Group Pretest-Posttest Design dilakukan di SMA Negeri Pakusari. Waktu penelitian menggunakan waktu minimal yang dibutuhkan seseorang untuk mengubah perilakunya yaitu selama 18 hari dengan 2 kali edukasi tatap muka dan edukasi melalui grup WhatsApp yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2023. Populasi penelitian yaitu siswi kelas XI dan XII SMA Negeri 1 Pakusari tahun ajaran 2023/2024. Penentuan besar sampel menggunakan metode simple random sampling yang diperoleh 51 siswi. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa video animasi anemia dapat meningkatkan pengetahuan tetapi tidak dapat meningkatkan konsumsi makan siswi. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menambah durasi waktu edukasi yang lebih lama dan mengkombinasikannya dengan metode edukasi yang lebih interaktif seperti emotional demonstration.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124215
    Collections
    • UT-Faculty of Public Health [2336]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository