Profil Persiapan Guru dalam Mengajarkan Numerasi Berdasarkan Pengalaman Mengajar
Abstract
Pendidikan telah diperharui seiring dengan perkembangan zaman pada saat 
ini, maka perkembangan ilmu pengetahuan dan teknolgi pastinya terlebih dahulu 
mengalami perkembangan, baik itu di sekolah formal maupun non formal. Hal itu 
disebabkan karena kebutuhan akan pendidikan semakin mengingkat seiring arus 
globalisasi tersebut. Dengan perkembangan ilmu pengetahua tersebut, maka 
kurikulum pun harus mengalami perkembangan kearah yang lebih sesuai dengan 
perkembangan zaman supaya pendidikan tidak mengalami ketertinggalan.
Guru saat ini diwajibkan untuk mengajarkan numerasi. Hal ini sesuai dengan 
kebijakan Kurikulum Merdeka. Numerasi merupakan hal yang baru bagi mereka 
dan kesulitan untuk mengajarkannya. Hal ini yang mendorong peneliti untuk 
membuat naskah tesis dengan judul “Profil Persiapan Guru Dalam Mengajarkan 
Numerasi”.
Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini bahwa terdapat 
perbedaan antara guru yang memiliki pengalaman mengajar yang berdeda dalam 
mempersiapkan pembelajaran numerasi. Hasil analisa dalam penelitian ini merujuk 
dari sumber yang dikemukakan oleh Yufri (2022). Berikut aspek dan indikator yang 
digunakan dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian adalah guru yang 
memiliki pengalaman mengajar 14 tahun memiliki persiapan mengajar numerasi 
yang lebih mendalam terakit model pembelajaran dan penilaian pembelajaran 
numerasi. Guru yang memiliki pengalaman mengajar 4 tahun memiliki persiapan 
mengajar numerasi yang kreatif karena dalam membuat modul ajar terdapat banyak 
ilustrasi yang dapat memudahkannya dalam menyampaikan numerasi kepada 
siswa.