Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Banyuwangi Karya Suripan Sadi Hutomo dan E Yonohudiyono serta Pemanfaatannya sebagai Alternatif Bahan Ajar Pembelajaran Sastra Siswa Kelas III SDN 5 Genteng Banyuwangi
Abstract
Pembelajaran karakter dapat dilaksanakan dengan melakukan pembiasaan yang secara tidak langsung dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat membentuk kepribadian siswa dengan menggali nilai-nilai serta meyakininya. Pembelajaran nilai-nilai pendidikan karakter pada kegiatan. pembelajaran dapat diajarkan melalui berbagai cara yang salah satunya yaitu melalui penyampaian dan penanaman nilai-nilai yang ada di dalam karya sastra. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Cerita Rakyat Banyuwangi Karya Suripan Sadi Hutomo dan E Yonohudiyono dan pemanfaatannya sebagai alternatif bahan ajar pembelajaran sastra siswa kelas III SDN 5 Genteng. Jenis penelitian ini bersifat deksriptif dengan desain kualititatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam cerita rakyat banyuwangi di Jawa Timur meliputi nilai kerja keras, nilai peduli sosial, nilai cinta damai, nilai kejujuran, nilai demokratis, nilai religius, nilai bersahabat/komunikatif, nilai toleransi, nilai kreatif, nilai peduli lingkungan. Kemudian, pemanfaatan cerita rakyat banyuwangi di Jawa Timur sebagai salah satu bahan ajar siswa kelas III SDN 5 Genteng menunjukkan 80% dari jumlah keseluruhan siswa mampu mengerjakan dengan baik, benar, dan tepat.