Kurikulum Pesantren An-Nur Fathul Ulum Desa Krenceng Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri Tahun 2012-2021.
Abstract
Kondisi pesantren pasca adanya peraturan pemerintah terkait aturan Kementerian Agama Nomer 03 tahun 2012 dengan pembagian pesantren non formal dan formal yang mengikat secara perlahan memberikan efek dinamika yang sifatnya dinamis pada internal pesantren An-Nur Fathul Ulum. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana perubahan, perkembangan dan kesinambungan kurikulum (tujuan, bahan, organisasi, dan evaluasi), pesantren An-Nur Fathul Ulum diajarkan mulai tahun 2012 sampai dengan tahun 2022. Tujuan penelitian adalah pertama menginventarisir, menuliskan dan menangkap apa yang berubah (dan yang tetap) dalam sejarah dinamika kurikulum santri dipesantren An-Nur Fathul Ulum pada tahun 2012-2021.
Metode penelitian ini menggunakan metode sejarah dengan pendekatan sosiologi pendidikan. Kesimpulan bahwasanya pendidikan salaf pondok An-Nur Fathul ulum dimana proses pewarisan (nasab Ilmu kitab kuning) dari ahli ilmu kitab klasik untuk santri masih berlanjut sejak tahun 2012 sampai 2021. Konsep pesantren salaf dengan berpatokan pada silsilah ilmu, pola, standar kelulusan berdasarkan kitab kuning dan materi yang serba kitab kuning masih berusaha dilestarikan sebagai warisan pesantren tradisional, meskipun Berbagai perkembangan cara belajar juga mengalami perubahan, pengulangan dan bahkan kematian.