Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kelas VIII Berbantuan Software GeoGebra dan Penggunaannya dalam Blended Learning pada Bangun Ruang Sisi Datar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif kelas VIII berbantuan
GeoGebra dan penggunaannya dalam blended learning pada materi bangun ruang sisi datar yang valid,
praktis dan efektif. Keberhasilan blended learning bergantung pada kemandirian siswa dalam belajar,
maka harus ada media yang bersifat interaktif untuk menarik minat siswa belajar secara mandiri yaitu
dengan menggunakan bantuan GeoGebra. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan
(Four D Model) yang terdiri dari empat tahap yaitu pendifinisian (define), perencanaan (design),
pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VIII H SMPN 1 Kencong. Hasil dari pengembangan ini adalah media pembelajaran interaktif berbantuan
GeoGebra memenuhi kriteria valid dengan tingkat kevalidan yang sangat tinggi dengan koefisien korelasi
α sebesar 0,92 berdasarkan hasil dari validator. Kepraktisan media pembelajaran termasuk dalam kategori
sangat baik dan dinyatakan praktis berdasarkan observasi aktivitas guru (87,50%), observasi aktivitas
siswa (85,42%) dan angket respon siswa (88,70%). Media pembelajaran dengan materi bangun ruang sisi
datar berbantuan GeoGebra dan penggunaannya dalam blended learning dikatakan efektif berdasarkan
hasil belajar siswa yang tuntas secara klasikal (85%).