Show simple item record

dc.contributor.authorWAHYUDI, Farid Isrovie
dc.date.accessioned2024-08-15T02:36:53Z
dc.date.available2024-08-15T02:36:53Z
dc.date.issued2024-07-24
dc.identifier.nim190210301075en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123962
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik_Lina Tgl 15 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractPendidikan sebagai aspek sentral kehidupan diharapkan mampu mencetak generasi yang memiliki keterampilan sesuai dengan tuntutan abad 21. Tantangan utama dunia pendidikan abad 21 yaitu mampu menciptakan generasi yang memiliki berbagai keterampilan yang mampu untuk menjawab tantangan abad 21. Keterampilan tersebut disebut dengan keterampilan 4C. Keterampilan 4C perlu dimiliki oleh peserta didik agar peserta didik memiliki kemampuan akademik serta kemampuan bersosial yang seimbang. Dari keterampilan 4C tersebut, salah satu keterampilan yang perlu dilatih kepada peserta didik adalah keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi. Kedua keterampilan tersebut dapat dikembangkan melalui pembelajaran yang inovatif. Salah satu pembelajaran yang inovatif yaitu model pembelajaran Project Based Learning. Melalui PjBL, peserta didik tidak hanya belajar mengenai teori, tetapi juga mempraktekkan konsep dan keterampilan yang telah dipelajari dalam sebuah proyek. Model PjBL memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan dan memperoleh pengalaman belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas XI Pemasaran 1 di SMK Negeri 4 Jember melalui model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Proyek Kreatif dan Kewirausahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan penentuan lokasi menggunakan metode purposive area. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumen. metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis persentase. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Pemasaran 1 SMK Negeri 4 Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas XI Pemasaran 1 SMK Negeri 4 Jember memiliki persentase sebesar 70% dan termasuk dalam kategori "baik". Keterampilan kolaborasi peserta didik kelas XI Pemasaran 1 SMK Negeri 4 Jember memiliki persentase sebesar 75% dan termasuk dalam kategori "baik" Berdasarkan observasi yang dilakukan selama penelitian berlangsung, pembelajaran PjBL di kelas XI Pemasaran 1 SMKN 4 Jember sudah berjalan dengan baik sesuai dengan sintaks. Semua fase dan tahapan sudah dilaksanakan oleh guru, namun untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dalam penerapan PjBL pada pembelajaran diharapkan guru lebih memberikan evaluasi kepada peserta didik terkait produk yang sudah dibuat agar pada pembelajaran selanjutnya, hasil produk dari peserta didik lebih inovatif, bervariatif, dan berbeda dari produk yang sebelumnya.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Dr. Retna Ngesti Sedyati, M.P Pembimbing Anggota Tiara, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPROJECT BASED LEARNINGen_US
dc.subjectKETERAMPILAN BERPIKIR KREATIFen_US
dc.subjectKETERAMPILAN KOLABORASIen_US
dc.subjectPESERTA DIDIKen_US
dc.titleKeterampilan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran Proyek Kreatif dan Kewirausahaan (Studi Kasus pada Peserta Didik Kelas XI Pemasaran 1 SMKN 4 Jember)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Retna Ngesti Sedyati, M.P.en_US
dc.identifier.pembimbing2Tiara, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 15 Agustus 2024en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record