dc.contributor.author | HOLIL, Muhammad | |
dc.date.accessioned | 2024-08-15T01:47:39Z | |
dc.date.available | 2024-08-15T01:47:39Z | |
dc.date.issued | 2023-03-03 | |
dc.identifier.nim | 160210302059 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123936 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik_Lia Tgl 15 Agustus 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Pendidikan pada era sekarang bertansfromasi menjadi sebuah inovasi pada
penggunaan teknologi. Inovasi teknologi yang semakin pesat telah menciptakan
kebutuhan mendesak akan pendidikan yang dapat membantu peserta didik lebih
memahami pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di tiga SMA
Negeri di Kabupaten Bondowoso, yaitu: (1) SMAN 1 Tenggarang, (2) SMAN 2
Bondowoso, dan (3) SMAN 3 Bondowoso, diperoleh fakta bahwa peserta didik
kebanyakan kurang menyukai kegiatan membaca, materi pelajaran biasanya peserta
didik peroleh didalam kelas saja. Salah satu penyebabnya yaitu ketersediaan variasi
media pembelajaran yang kurang beragam. Media pembelajaran yang digunakan
yakni LKS, buku paket, powerpoint dan sesekali menggunakan video. Kebanyakan
peserta didik merasa bosan untuk mempelajari materi yang hanya bersumber dari
buku paket, maupun LKS karena dianggap penyajiannya yang monoton. Peserta
didik lebih menyukai penggunaan media pembelajaran yang terintegrasi dengan
teknologi seperti powerpoint dan video yang memiliki tampilan visual yang baik,
serta penyajian materi yang lebih ringkas dan menarik. Pendidik juga
mengharapkan adanya sebuah media pembelajaran yang mampu menarik minat
peserta didik untuk mempelajarinya, baik secara individu maupun kelompok.
Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah peneliti adalah
(1) Bagaimana hasil validasi ahli terhadap pengembangan media pembelajaran
Augmented Reality sejarah lokal Gerbong Maut Bondowoso berbasis Discovery
Learning dengan menggunakan model ASSURE pada mata pelajaran sejarah kelas
XI SMA; (2) Bagaimana tingkat efektifitas media pembelajaran Augmented Reality
sejarah lokal Gerbong Maut Bondowoso berbasis Discovery Learning dengan
menggunakan model ASSURE pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA. Tujuan dari penelitian ini antara lain (1) menghasilkan produk media
Augmented Reality sejarah lokal Gerbong Maut Bondowoso berbasis Discovery
Learning dengan menggunakan model ASSURE pada mata pelajaran sejarah kelas
XI SMA yang sudah tervalidasi oleh ahli dan layak digunakan; (2) menghasilkan
produk media Augmented Reality yang efektif digunakan sebagai media
pembelajaran sejarah lokal Gerbong Maut Bondowoso oleh peserta didik kelas XI
SMA di Bondowoso.
Penelitian pengembangan media pembelajaran Augmented Reality Sejarah
Lokal Gerbong Maut Bondowoso Berbasis Discovery Learning pada kelas XI SMA
menggunakan Model ASSURE terdiri atas enam tahapan sebagai berikut: (1)
analyze learner characteristic, (2) state performance objective (3) select methods,
media, and materials (4) utilize materials, (5) requires learner participation, and
(6) evaluate and revize. Hasil dari validasi materi isi dinilai 80 % dengan kualifikasi
baik, validasi ahli desain media pembelajaran 92 % dengan kualifikasi sangat baik
dan validasi ahli bahasa 90 % dengan kualifikasi sangat baik. Hasil rekapitulasi
yang dipaparkan di atas dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran
Augmented Reality Sejarah Lokal Gerbong Maut Bondowoso dengan model
ASSURE pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA yang dikembangkan telah
tervalidasi ahli dan memperoleh hasil yang baik dan mampu meningkatkan daya
tarik peserta didik terhadap materi yang dipaparkan. Hal ini dapat disimpulkan pengembangan media tersebut dapat
meningkatkan hasil belajar pada peserta didik. Peningkatan hasil belajar peserta
didik dapat diketahui dari hasil uji coba kelompok kecil dari 9 peserta didik kelas
XI terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 80,4 % yang berarti masuk kualifikasi
sangat tinggi. Sedangkan pada uji coba kelompok besar dari 30 peserta didik
terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 81.4 % sehingga termasuk kualifikasi
sangat tinggi. Berdasarkan hasil serta analisis data di atas diketahui bahwa Media
Augmented Reality Sejarah Lokal Gerbong Maut Bondowoso pada mata pelajaran
sejarah Indonesia kelas XI SMA dengan model ASSURE yang dikembangkan dan
telah tervalidasi oleh ahli serta telah memperoleh hasil yang baik juga mampu
meningkatkan hasil belajar peserta didik. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | MEDIA PEMBELAJARAN | en_US |
dc.subject | AUGMENTED REALITY | en_US |
dc.subject | SEJARAH LOKAL GERBONG MAUT | en_US |
dc.title | Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Sejarah Lokal Gerbong Maut Bondowoso Berbasis Discovery Learning pada Kelas XI Sma Menggunakan Model Assure | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Sejarah | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Mohammad Na’im, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Drs. Kayan Swastika, M.Si. | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |