dc.description.abstract | Pembelajaran abad 21 menuntut penggunaan media pembelajaran yang
inovatif dan efetktif untuk meningkatkan pemahaman, retensi, dan minat belajar
yang harus didukung oleh kemauan dan kemampuan literasi digital terhadap
media baru. Salah satu cara adalah dengan penggunaan media pembelajaran
interaktif yang dapat memudahkan pendidik dan peserta didik dalam
menyampaikan dan menerima materi, salah satunya adalah menggunakan media
focusky. Rumuan masalah penelitian ini adalah (1) adakah perbedaan minat
belajar sejarah yang signifikan antara peserta didik pada kelas yang diberi
perlakuan media focusky dengan kelas yang tidak diberi perlakuan media
focusky?; (2) Bagaimana efektivitasaipenggunaanalmediaaifocuskyalterhadap
minat belajar sejarah peserta didik kelas XI SMA?. Tujuan penelitian untuk
menganalisis perbedaan minat belajar antara kelas yang diberi perlakuan media
focusky dengan kelas yang tidak diberi perlakuan media focusky dan
menganalisis efektivitas penggunaan media focusky terhadap minat belajar
sejarah pesertalididiklikelasliXIaSMA.
Focusky adalah aplikasi presentasi yang dapat dimanfaatkan sebagai
media pembelajaran. Focusky memberikan akses mudah, gratis dan tidak perlu
membutuhkan bantuan perangkat lain. Focusky adalah software yang digunakan
untuk membuat bahan ajar presentasi yang interaktif dan menarik dengan efek
pembesaran dan pergeseran, serta dapat memasukkan video, audio, animasi, slide,
teks, atau grafik dengan mudah tanpa harus memiliki keahlian mendesain media
karena pengguna hanya perlu memilih template yang sesuai dan mengunduh
template tersebut.
Minat ibelajar merupakaniilsuatuiikkekuatanikalamiahikyanginberasal dari
dalamadiriaseseorangayangilmemungkinkanipesertaiididik terlibatidalam kegiatan belajaraidanaimemperoleh keterampilan dan pengalaman. Minat belajar sejarah
disini dapat diartikan sebagai keinginan pada mata pelajaran sejarah yang
cenderung merasa tertarik dan senang serta penuh kesadaran dalam mempelajari
sejarah. Penelitian ini mengacu pada indikator minat belajar yaitu yang terdiri dari
minat emosional, minat kognitif, dan keterlibatan.
Jenis penelitian iniliadalah lpenelitianlikuantitatiflidengan menggunakan
metode eksperimen (experimental research) dan desain pretest-posttest control
group design. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMA
Negeri 1 Leces dengan jumlah 60 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada
semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 selama bulan Oktober-November.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara
untuk mengumpulkan data.
Hasil penelitian ini berdasarkan hasil uji prasyarat diperoleh nilai uji
validitas >0,05 yang berarti valid, uji reliabilitas memperoleh nilai Sig. 0,888
yang berarti reliabel atau memiliki konsistensi sangat tinggi, selanjutnya uji
normalitas Kolmogorov Smirnov memperoleh nilai (pretest eksperimen = 0,093),
(posttest eksperimen = 0,200), (pretest kontrol = 0,126), (posttest kontrol = 0,200)
yang berarti data berdistribusi normal. Selanjutnya uji homogenitas sampel
memperoleh nilai (pretest eksperimen = 0,540), (posttest eksperimen = 0,603),
(pretest kontrol = 0,092), (posttest kontrol = 0,169) yang berarti populasi
penelitian memiliki ragam yang homogen. Selanjutnya uji linearitas terdapat
indikasi hubungan linear (garis lurus). Selanjutnya pada uji homogenitas regresi
diperoleh Sig. 0,248 yang menunjukkan adanya interaksi yang signifikan antara
sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Selanjutnya data
dianalisis menggunakan uji Ancova diperoleh nilai Fear of Statistics Test, F
(184.753), p (0,00), dan Partial Eta Squared (0,764) yang menunjukkan adanya
perbedaan yang signifikan antara minat belajar peserta didik di kelas XI IPS 2
setelah diberi perlakuan media focusky lebih besar dibandingkan kelas XI IPS 3
yang tidak mendapatkan perlakuan media focusky. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran dengan menggunakan media focusky efektiv digunakan
untuk meningkatkan minat belajar sejarah kelas XI IPS. | en_US |