• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Manajemen Program Pelatihan Menjahit di Balai Latihan Kerja Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Alifta Qoirunnisa 200210201014.pdf (751.4Kb)
    Date
    2024-07-18
    Author
    Qoirunnisa, Alifta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Balai Latihan Kerja Jember memberikan pelatihan khusus program menjahit menggunakan mesin untuk peserta disabilitas dengan hasil yang sangat baik. Pelatihan ini membantu para penyandang disabilitas untuk mengembangkan keterampilan dan mendapatkan pekerjaan. Hal tersebut didukung berdasarkan data pasca pelatihan yang menunjukkan lulusannya mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidangnya atau membuka usaha mandiri. Pelatihan menjahit di Balai Latihan Kerja Jember sangat diminati dilihat dari tingginya jumlah pendaftar dan output dari program pelatihan ini cukup menjanjikan. Hal ini dapat dilihat dari lulusan pelatihan program menjahit yang mendapatkan pekerjaan sesuai bidang maupun membuka usaha mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menjelaskan manajemen program pelatihan menjahit di Balai Latihan Kerja Jember. Manfaat penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan pelaksanaan program pelatihan menjahit dengan peserta disabilitas di masa mendatang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian ini berlokasi di Balai Latihan Kerja Jember. Pemilihan tempat didasarkan dari metode purposive area. Teknik untuk menentukan informan yaitu teknik purposive sampling yang terdiri dari informan kunci dan informan pendukung. Informan kunci dari penelitian ini ada 2 informan yaitu kepala seksi pelatihan sertifikasi dan kepala jurusan pelatihan menjahit sekaligus instruktur. Informan pendukungnya ada 3 yaitu, TH, SM, dan RK. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan peningkatan ketekunan, perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Analisis data yang dilakukan penelitian ini dilaksanakan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan identifikasi kebutuhan sumber yang dilakukan melalui Training Needs Analysis (TNA), penyusunan tujuan pelatihan sesuai dengan kemnakertrans yang telah terstruktur sesuai dengan tujuan diadakannya pelatihan, dalam penyusunan kurikulum BLK Jember berpedoman pada SKKNI (standar kompetensi kerja nasional Indonesia) yang telah disediakan oleh kemnakertrans dan juga dikembangkan sesuai dengan keadaan dilapangan. Penetapan materi diambil dari program pelatihan kemnakertrans yang kemudian dikembangkan sehingga menjadi modul yang digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran, media pembalajaran terdapat power point, video daring, pinterst dan peralatan menjahit sehingga sangat mendukung untuk membantu proses kegiatan pelatihan berjalan dengan optimal. Pelaksanaan program pelatihan telah sesuai dengan tahapan yang semestinya seperti diadakannya pembinaan keakraban atau pembukaan sampai dengan tes akhir peserta pelatihan dan uji kompetensi, yang mana penilaian pembelajaran pelatihan diadakan dua kali yaitu oleh pihak BLK itu sendiri dan BNSP. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa manajemen program pelatihan menjahit di Balai Latihan Kerja Jember menggunakan 7 tahapan yang harus dilakukan yaitu, identifikasi kebutuhan sumber meliputi Training Needs Analysist (TNA), penyusunan tujuan pelatihan sesuai dengan yang ada di kemnakertrans, penyusunan kurikulum berpedoman pada SKKNI yang kemudian di kembangkan sesuai keadaan di lapangan, penetapan materi menggunakan modul yang dikembangkan dari kemnakertrans, penetapan media pembelajaran yang digunakan di sini cukup beragam dan cukup lengkap, pelaksanaan pelatihan dan pada kegiatan evaluasi pembelajaran berupa pemberian kuesioner yang diberikan kepada peserta pelatihan yang nantinya dapat berguna untuk perbaikan pelatihan yang akan diadakan di masa mendatang.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123886
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15494]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository