dc.contributor.author | NINGRUM, Tika Widiya | |
dc.date.accessioned | 2024-08-14T02:46:26Z | |
dc.date.available | 2024-08-14T02:46:26Z | |
dc.date.issued | 2024-01-11 | |
dc.identifier.nim | 200210102009 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123885 | |
dc.description | Finalisasi repositori tanggal 14 Agustus 2024_Kurnadi_Lana | en_US |
dc.description.abstract | Pada abad ke-21 siswa dituntut untuk mempunyai keterampilan untuk
menghadapi tantangan globalisasi, salah satunya yaitu keterampilan bernalar.
Penalaran ilmiah adalah kemampuan berpikir secara sistematis dan logis untuk
memecahkan masalah. Enam indikator penalaran ilmiah meliputi penalaran
konversi, penalaran proporsional, pengontrolan variabel, penalaran probabilistik,
penalaran korelasi, dan hipotesis-deduktif. Salah satu guru fisika SMA di
Kabupaten Jember menyatakan bahwa kemampuan penalaran ilmiah siswa
dikategorikan kurang. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil ujian siswa dan kegiatan
pembelajaran di kelas seperti cara mengerjakan soal, diskusi, praktikum, tugas, dan
menyampaikan solusi atas permasalahan yang dilakukan siswa dengan kemampuan
bernalar ilmiah masih kurang. Kemampuan penalaran ilmiah dapat ditingkatkan
dengan menggunakan model pembelajaran yang memacu siswa untuk berpikir
tingkat tinggi, salah satunya adalah model Problem Based Learning (PBL). Model
PBL merupakan pembelajaran yang menggunakan masalah nyata sehari-hari
(otentik) yang dapat dipecahkan oleh siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 4 SMAN 3 Jember yang
diperoleh dengan teknik purposive sampling area menggunakan uji homogenitas
SPSS 25.0. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik
observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian
ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, interpretasi data, dan
penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan dalam empat kali pertemuan untuk
menerapkan model PBL pada materi fisika fluida statis. Pertemuan satu sampai tiga
dilakukan observasi dalam kegiatan pembelajaran untuk menilai kemampuan
bernalar ilmiah siswa. Kemudian, pada pertemuan keempat siswa akan diberikan
tes kemampuan penalaran ilmiah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata presentase kemampuan
bernalar ilmiah siswa pada keenam indikator penalaran berada pada kategori sangat
baik. Kemampuan penalaran untuk indikator penalaran proporsional berada pada
kategori sangat baik. Kemampuan penalaran untuk indikator penalaran konservasi
berada pada kategori sangat baik. Kemampuan penalaran untuk indikator penalaran
probabilistik berada pada kategori baik. Kemampuan penalaran untuk indikator
penalaran korelasi berada pada kategori sangat baik. Kemampuan penalaran untuk
indikator penalaran pengontrolan variabel berada pada kategori sangat baik.
Kemudian, kemampuan penalaran untuk indikator penalaran hipotesis-deduktif
berada pada kategori baik.
Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kemampuan bernalar ilmiah
siswa di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 3 Jember setelah dilakukan implementasi
model PBL materi fisika fluida statis berada pada kategori sangat baik. Hal tersebut
dikarenakan model PBL menuntut siswa untuk aktif dalam memahami konsep
dengan memecahkan masalah sehingga akan memunculkan kemampuan penalaran
ilmiahnya. Penelitian ini masih dapat dilanjutkan dengan lebih memfokuskan pada
indikator penalaran probabilistik dan hipotesis-deduktif supaya enam indikator
penalaran ilmiah siswa berada pada kategori sangat baik. | en_US |
dc.description.sponsorship | 1. Dr. Rif'ati Dina Handayani, S.Pd., M.Si.
2. Drs. Maryani, M.Pd., M.C.E. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Problem Based Learning | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Fluida Statis | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Fisika | en_US |
dc.title | Investigasi Kemampuan Bernalar Ilmiah Siswa Melalui Implementasi Model Problem Based Learning Materi Fisika Fluida Statis | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Fisika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Rif'ati Dina Handayani, S.Pd., M.Si. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Drs. Maryani, M.Pd., M.C.E. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_januari_2024_23 | en_US |