dc.contributor.author | MULYASANTI, Stefani Dewi | |
dc.date.accessioned | 2024-08-14T01:48:32Z | |
dc.date.available | 2024-08-14T01:48:32Z | |
dc.date.issued | 2023-07-17 | |
dc.identifier.nim | 160210204059 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123825 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik_Lia Tgl 14 Agustus 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Pentingnya pendidikan dalam kehidupan, karena pendidikan merupakan
sebuah proses dimana peserta didik belajar secara aktif mengembangkan potensi
yang ada dalam dirinya sendiri. Pembelajaran berbasis tematik integratif
(terpadu) guru masih melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan
menggunakan metode ceramah. Sehingga peserta didik tidak bosan atau jenuh
selain itu peserta didik dapat mengembangkan cara berpikirnya sesuai dengan
umurnya. Inovasi pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran
dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).
Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat dipadukan dengan
pembelajaran berbasis kearifan lokal. Pembelajaran berbasis kearifan lokal dapat
memberikan pemahaman kepada siswa bahwa masyarakat lokal sebagai sumber
untuk belajar selain itu juga akan memberikan pengalaman kepada siswa.
Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan penelitian ini adalah adakah
pengaruh yang signifikan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
Berbasis Kearifan Lokal Jember Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Tema
7 Subtema 2 Pembelajaran 4 di SD Negeri Jember Lor 02 Jember. Penelitian ini
dilakukan bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan
pembelajaran pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis
Kearifan Lokal Jember Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Tema 7
Subtema 2 Pembelajaran 4 di SD Negeri Jember Lor 02 Jember. Desain penelitian
yang digunakan adalah penelitian Eksperimental Semu (Quasi-Eksperimen
research). Penelitian ini akan dilaksanakan di SD Negeri Jember Lor 02 Jember
yang berlokasi di Jalan Mawar No. 70 Jember. Waktu yang digunakan dalam
penelitian ini adalah semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Subjek pada
penelitian ini berjumlah 58 siswa-siswi yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VA berjumlah 29 siswa/i dan kelas VB berjumlah 29 siswa/i. Sampel pada penelitian
ini menggunakan uji homogenitas bantuan program SPSS (Statistical Packege For
Social Sciences) PC versi 26 dengan uji Levence. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini ada 2 macam yaitu : (1) perlakuan (treatment); dan (2) tes. Ada dua
kelas dengan perlakuan berbeda yaitu kelas perlakuan pembelajaran pendekatan
CTL (Contextual Teaching and Learning) berbasis kearifan lokal dan kelas
perlakuan pembelajaran model konvensional (ceramah, diskusi kelompok, dan
penugasan). Tes yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda
sejumlah 40 soal yang diberikan saat pretest dan posttest. Pretest dilakukan
sebelum mendapatkan perlakuan model pembelajaran, sedangkan posttest
bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa selama proses
pembelajaran berlangsung. Instrumen pada soal telah disusun sesuai dengan
materi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Analisis data yang telah dilakukan pada penelitian ini adalah independent
samples t-test atau uji-t dengan menghitung data selisih antara nilai pretest dan
posttest pada kelas eksperimen (x) dengan selisih nilai pretest dan posttest kelas
kontrol (y) dimana nilai t tersebut dikonsultasikan pada ttabel dengan taraf
signifikansi 5% diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu sebesar 7,266 > 0,678, sehingga
hipotesis alternatif (Hα) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Setelah
mendapat nilai uji-t maka dilanjutkan dengan menghitung uji keefektifan relatif.
Hasil perhitungan keefektifan relatif (ER) sebesar 61,3% yang termasuk pada
kategori keefektifan tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan
Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbasis Kearifan Lokal Jember lebih
tinggi yaitu 61,3% dibandingkan dengan pembelajaran ceramah, diskusi
kelompok, dan penugasan sedangkan 38,7% dipengaruhi oleh faktor lain.
Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh yang signifikan pendekatan Contextual Teaching and
Learning (CTL) Berbasis Kearifan Lokal Jember Terhadap Hasil Belajar IPS
Siswa Kelas V tema peristiwa dalam kehidupan subtema peristiwa kebangsaan
seputar proklamasi kemerdekaan pada pembelajaran 4 di SD Negeri Jember Lor
03 Jember. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing I : Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd.
Pembimbing II : Dyah Ayu Puspitaningrum, SE, M.Si. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) | en_US |
dc.subject | KEARIFAN LOKAL JEMBER | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR IPS | en_US |
dc.title | Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Kearifan Lokal Jember terhadap Hasil Belajar IPS Siswa kelas V Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 SD Negeri Jember Lor 02 Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dyah Ayu Puspitaningrum, SE, M.Si. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 21 November 2023 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |