• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Inovasi Proses Pelayanan Administrasi Kepegawaian Melalui Aplikasi J-SILAKON oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    TUGAS AKHIR WARNI W.pdf (2.616Mb)
    Date
    2023-11-16
    Author
    WARUWU, Warni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Konsep inovasi secara umum dapat dikatakan sebagai sebuah ide ataupun gagasan yang diciptakan oleh seseorang maupun sebuah kelompok. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Jember berinovasi dalam memberikan pelayanan kepegawaian yang berfokus pada layanan administrasi kepegawaian, yakni dengan memperkenalkan aplikasi Sistem Layanan Administrasi Kepegawaian Online (J-SILAKON) yang berbasis website. Aplikasi J-SILAKON ini bertujuan untuk mempermudah dan membantu pegawai negeri sipil dalam mengurus administrasi kepegawaian tanpa harus datang ke kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Namun dalam proses inovasi tersebut ternyata ditemukan permasalahan yakni aplikasi yang tidak jarang sulit untuk diakses hingga aplikasi belum dapat digunakan secara individu oleh masing-masing Aparatur Sipil Negara (ASN) secara menyeluruh dan munculnya sikap koruptif dalam proses pelayanannya. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan dan mengkaji inovasi proses pada pelayanan administrasi kepegawaian melalui aplikasi J-SILAKON oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan konsep tipologi inovasi proses dari Muluk (2008) dan indikator penentuan inovasi proses berdasarkan Handbook Inovasi Administrasi Negara (Septiyana, 2014). Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman, sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan dan triangulasi sumber dan teknik. Temuan pada penelitian ini adalah inovasi proses pelayanan administrasi kepegawaian melalui aplikasi J-SILAKON. J-SILAKON adalah sebuah inovasi yang dikembangkan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemerintah Kabupaten Jember. Inovasi ini bertujuan untuk menyediakan layanan administrasi kepegawaian yang efektif, efisien, transparan, dan akurat bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Jember. Inovasi pelayanan administrasi kepegawaian melalui J-SILAKON telah memenuhi kriteria inovasi proses proses pelayanan. Pertama, pelayanan melalui J-SILAKON telah dilaksanakan secara rutin dan wajib digunakan oleh seluruh ASN di Kabupaten Jember sejak tahun 2022 hingga saat ini. Kedua, inovasi pelayanan administrasi kepegawaian dengan adanya J-SILAKON, proses kerjanya menjadi cepat karena dapat mengajukan pelayanan secara online dan pelayanan menjadi lebih efektif karena ASN tidak perlu lagi bolak-balik ke kantor BKPSDM untuk mengantar berkas. Ketiga, adanya pemangkasan alur pada pelayanan J-SILAKON. Pelayanan yang dulunya ditangani oleh banyak orang, saat ini bisa dikerjakan oleh 1-2 orang saja dan juga alur dalam proses pengajuan dapat dipangkas menjadi cukup dengan memverifikasi langsung melalui J-SILAKON. Dan terakhir peningkatan kepuasan masyarakat akan pelayanan yang diberikan. Penilaian pengguna terhadap inovasi administrasi kepegawaian melalui aplikasi J-SILAKON mengungkapkan bahwa merasa terbantu dengan kemudahan dan efektifnya pelayanan dibandingkan pada saat manual meskipun terdapat kekurangan dalam proses pelayanannya dan diharapkan dapat terus berkembang Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelayanan administrasi kepegawaian melalui aplikasi J-SILAKON adalah sebuah inovasi proses yang merujuk pada adanya pembaharuan kualitas yang berkelanjutan dan adanya perpaduan antara perubahan, prosedur, kebijakan dan pengeorganisasian yang diperlukan organisasi dalam melakukan inovasi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123701
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5682]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository