Analisis Hedonic Motivation dan Price Value serta Habit Melalui Customer Experience pada Niat Beli Mahasiswa Universitas Jember di Social Commerce
Abstract
Dunia internet berkembang sangat pesat sehingga mempengaruhi berbagai
aspek kehidupan terutama dalam bidang ekonomi. Saat ini kegiatan jual beli dapat
dilakukan secara online menggunakan berbagai platform salah satunya social
commerce. Pada social commerce, pembeli dan penjual dapat berinteraksi secara
langsung layaknya pada kegiatan jual beli secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh hedonic motivation, price value, dan habit terhadap niat
beli melalui customer experience baik secara langsung maupun tidak langsung.
Penelitian dilakukan pada tahun 2023, dengan platform social commerce sebagai objek
penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi dan sampel
sebanyak 100 responden. Sampel diambil menggunakan teknik sampling kuota.
Sumber data diperoleh dari data primer yang didapatkan dari kuesioner responden dan
data sekunder yang diambil dari internet serta studi pustaka. Metode analisis pada
penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara
hedonic motivation terhadap customer experience, price value terhadap customer
experience, habit terhadap customer experience, price value terhadap niat beli, dan
customer experience terhadap niat beli. Terdapat juga hasil penelitian yang
menunjukkan bahwa hedonic motivation tidak berpengaruh signifikan terhadap niat
beli dan habit tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli. Selain itu, terdapat
pengaruh signifikan antara hedonic motivation terhadap niat beli melalui customer
experience, terdapat pengaruh signifikan antara price value terhadap niat beli melalui
customer experience, serta terdapat pengaruh signifikan antara habit terhadap niat beli
melalui customer experience.