dc.contributor.author | HASANAH, Nurul Qomariatun | |
dc.date.accessioned | 2024-08-13T01:38:30Z | |
dc.date.available | 2024-08-13T01:38:30Z | |
dc.date.issued | 2023-10-18 | |
dc.identifier.nim | 190210204124 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123653 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik_Lina Tgl 13 Agustus 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Kurangnya perhatian guru dalam penggunan model pembelajaran selama
proses pembelajaran berlangsung tentunya berpengaruh pada minat siswa
mengikuti pembelajaran. Terkhusus pada pembelajaran matematika yang
cenderung dianggap sulit dan membosankan tentunya guru membutuhkan model
pembelajaran yang dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti
pembelajaran matematika. Berdasarkan hal tersebut, guru harus memilah model
pembelajaran yang cocok digunakan dalam proses pembelajaran matematika agar
dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Model pembelajaran inkuiri terbimbing dikatakan salah satu model
pembelajaran yang cocok digunakan untuk pembelajaran matematika di kelas. Hal
tersebut dikarenakan model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah model
pembelajaran yang menjadikan siswa sebagai pusat dari proses pembelajaran
dikelas, sehingga siswa dituntut untuk aktif selama proses pembelajaran
beralangsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan
model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar matematika materi
bangun ruang siswa kelas IV di SDN Tegalejo 1 Kabupaten Jember.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen berpolakan
eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest non equivalent control group.
Penelitian ini dimulai dengan kegiatan observasi dan wawancara untuk
menentukan topik penelitian, melakukan tinjauan literatur dan kajian pustaka,
merumuskan masalah dan hipotesis, menentukan variabel, melakukan prosesdur
penelitian berupa validasi dan uji coba instrumen tes, menganalisis data dengan uji-t dan uji ER, menguji hipotesis, menyimpulkan hasil penelitian, dan membuat
laporan.
Hasil validitas instrumen tes yang dilakukan oleh validator ahli dan
praktisi memperoleh nilai 92,6 yang diartikan sangat layak dengan rentang skor
81,00-100. Skor hasil uji reliabilitas menunjukkan hasil 0,89 yang diartikan
bahwa instrumen tas masuk dalam kategori reliabilitas tinggi dengan rentang nilai
0,85-0,89. Hasil uji t dengan metode t-test independent sample dengan taraf
signifikansi 5% atau 0,05 memperoleh hasil t-hitung 4,871 sedangkan t-tabel
1,684. Berdasarkan hasil uji t tersebut maka di peroleh hasil bahwa t-hitung > ttabel yang artinya ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap
hasil belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas IV di SDN
Tegalrejo 1 Kabupaten Jember. Uji Keefektifan relatif menunjukkan hasil 78,13%
yang berarti model pembelajaran inkuiri terbimbing masuk dalam kategori
keefektifan tinggi.
Berdasarkan uraian yang sudah dijabarkan tersebut, model pembelajaran
inkuiri terbimbing dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran
khususnya pada pelajaran matematika materi bangun ruang guna meningkatkan
hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini masih belum sempurna, sehingga
diperlukan penelitian lebih lanjut dengan materi yang berbeda guna mengetahui
efektifitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap materi pelajaran lain. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama : Prof. Dr. M. Sulthon Masyhud, M.Pd.
Pembimbing Anggota : Fathan Fihrisi, M.Pd.I. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN | en_US |
dc.subject | INKUIRI | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR MATEMATIKA | en_US |
dc.subject | MATERI BANGUN RUANG | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang pada Siswa Kelas IV di SDN Tegalrejo 1 Kabupaten Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr.M. Sulthon, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Fathan Fihrisi M.Pd.I | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 14 November 2023 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |