Efektivitas Penggunaan Media Balok Huruf dan Angka Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Kelompok A TK Ilmu Al Quran Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember
Abstract
Berpikir simbolik adalah salah satu lingkup perkembangan kognitif. Fungsi simbolik yaitu sebagai tahapan pertama di mana anak dapat berpikir operasional. Tujuan pada penelitian ini yaitu agar memahami efektivitas penggunaan balok huruf dan angka pada kemampuan berpikir simbolik anak kelompok A di TK Ilmu Al Quran Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan praeksperimental One Group Pretest-Posttest Design dengan jumlah responden sebanyak 26 anak. Instrumen pengumpulan data menggunakan test, observasi dan dokumentasi. Analisa data t-test yakni Uji Wilcoxon. Berdasarkan uji statistik nilai signifikansi adalah 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai pretest sebesar 13.50. Peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti lebih lanjut mengenai kemampuan berpikir simbolik anak dan pemanfaatan media balok huruf dan angka.