dc.contributor.author | IMANIA, Zuhrotul | |
dc.date.accessioned | 2024-08-12T06:49:20Z | |
dc.date.available | 2024-08-12T06:49:20Z | |
dc.date.issued | 2023-07-13 | |
dc.identifier.nim | 190210205077 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123543 | |
dc.description | Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di TK Plus Al-Hujjah Tahun
Ajaran 2022/2023 menunjukkan bahwa manajemen kemitraan sekolah dengan
komite dalam pelaksanaan program sekolah dimulai dengan proses pembentukan
komite sekolah, di mana kepala sekolah menyelenggarakan rapat dengan wali
kelas untuk kemudian memberi kesempatan wali kelas untuk dapat mengajukan
dua nama wali murid yang dianggap dapat membantu sekolah, terutama dari segi
DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER
DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER
x
ketersediaan waktu dan kemudahan bekerja sama dengan sekolah.
Pada perencanaan kegiatan, langkah awal yang dilakukan yaitu sekolah
mengundang komite dalam rapat di awal tahun ajaran baru untuk menyampaikan
program tahunan (protah) sekolah. Tujuan dari pada penyampaian tersebut yaitu
supaya penyampaian program-program yang membutuhkan bantuan komite
dapat diketahui untuk selanjutnya dilakukkan rapat kepanitiaan pada kegiatankegiatan yang akan dilaksanakan ke depan.
Pada pengorganisasian kegiatan dilaksanakan dengan pendekatan
kebersamaan, di mana semua panitia bekerja sama mempersiapkan kegiatan,
tidak ada pembagian tugas secara khusus untuk mencegah masalah apabila salah
satu panitia berhalangan hadir. Kemudian terkait pendanaan kegiatan umumnya
dari anggaran SPP siswa dan hanya kegiatan tertentu seperti makan sehat dan
bakti sosial yang mendapatkan partisipasi dana secara suka rela dari komite
sekolah.
Pada pelaksanaan dilakukan secara bersama-sama yang dikoodinasi oleh
ketua komite. Dalam pelaksanaan ini kepala sekolah bertindak sebagai
supervisor dan humas sebagai fasilitator kegiatan. Sedangkan supervisi dan
evaluasi dilaksanakan oleh kepala sekolah dan hasil akan disampaikan dalam
rapat bulanan bersama komite, adapun kegiatan evaluasi ini dapat menjadi bahan
perbaikan untuk kegiatan selanjutnya.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan bahwa terdapat
beberapa pelaksanaan program sekolah, anggota yang terlibat terkhusus komite
sekolah tidak semua ikut hadir dalam pelaksanaan dikarenakan beberapa alasan.
Namun hal ini tidak menjadi hal yang serius bagi anggota komite yang lain,
karena meskipun anggota kepanitiaan dalam pelaksanaan program sekolah,
sistem kerja samanya dilakukan secara bersama-sama. Untuk itu saran yang
dapat diberikan yaitu hendaknya kepala sekolah dalam upaya pemilihan anggota
komite supaya dilakukan voting dan wawancara, hal ini ditujukan agar angggota
komite yang akan dipilih benar-benar memiliki komitmen dan kesediaan dalam
membantu pelaksanaan program sekolah. | en_US |
dc.description.abstract | Kemitraan sekolah dengan komite sekolah adalah kegiatan interaksi yang mana bertujuan untuk
menambah pemahaman terkait keperluan pendidikan, sehingga menarik minat dan kerjasama di antara
anggota komite atau masyarakat dalam mendukung kemajuan sekolah. Partisipasi komite dalam
program sekolah dianggap penting, karena orang tua termasuk dalam mitra pendidikan. TK Plus AlHujjah telah menjalin kemitraan dengan komite sekolah, salah satunya selalu melibatkan dewan anggota
komite dalam mensukseskan atau menjalankan pelaksanaan program di sekolah. Tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen kemitraan sekolah dengan komite dalam pelaksanaan
program sekolah di TK Plus Al-Hujjah Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah
observasi yang mencangkup kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan supervisi serta evaluasi,
sedangkan wawancara dilakukan secara berlangsung dengan indikator penggalian data oleh kepala sekolah, ketua
komite, sekretaris komite, bendahara komite dan humas sekolah. serta dokumentasi yang meliputi profil sekolah TK
Plus Al-Hujjah Tahun Ajaran 2022/2023, dokumentasi kegiatan bersama komite, buku absensi dan buku notulensi
rapat. Hasil penelitian manajemen kemitraan sekolah dengan komite dalam pelaksanaan program sekolah di TK Plus
Al-Hujjah ditemukan bahwa pada saat pelaksanaan program sekolah, anggota yang terlibat terkhusus
komite sekolah tidak semua ikut hadir dalam pelaksanaan dikarenakan terdapat suatu halangan, hal ini
dapat dibuktikan dengan adanya buku absensi kegiatan bersama komite | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Partnership Management | en_US |
dc.subject | School with a Committee | en_US |
dc.subject | School Program | en_US |
dc.title | Manajemen Kemitraan Sekolah dengan Komite dalam Pelaksanaan Program Sekolah di TK Plus Al-Hujjah Tahun Ajaran 2022/2023 | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Indah Rohmatuz Zahro, S.Pd.i., M.Pd.I. | en_US |
dc.identifier.validator | reva | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_07_tanggal 10 | en_US |