Show simple item record

dc.contributor.authorIMANIA, Zuhrotul
dc.date.accessioned2024-08-12T06:49:20Z
dc.date.available2024-08-12T06:49:20Z
dc.date.issued2023-07-13
dc.identifier.nim190210205077en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123543
dc.descriptionBerdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di TK Plus Al-Hujjah Tahun Ajaran 2022/2023 menunjukkan bahwa manajemen kemitraan sekolah dengan komite dalam pelaksanaan program sekolah dimulai dengan proses pembentukan komite sekolah, di mana kepala sekolah menyelenggarakan rapat dengan wali kelas untuk kemudian memberi kesempatan wali kelas untuk dapat mengajukan dua nama wali murid yang dianggap dapat membantu sekolah, terutama dari segi DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER x ketersediaan waktu dan kemudahan bekerja sama dengan sekolah. Pada perencanaan kegiatan, langkah awal yang dilakukan yaitu sekolah mengundang komite dalam rapat di awal tahun ajaran baru untuk menyampaikan program tahunan (protah) sekolah. Tujuan dari pada penyampaian tersebut yaitu supaya penyampaian program-program yang membutuhkan bantuan komite dapat diketahui untuk selanjutnya dilakukkan rapat kepanitiaan pada kegiatankegiatan yang akan dilaksanakan ke depan. Pada pengorganisasian kegiatan dilaksanakan dengan pendekatan kebersamaan, di mana semua panitia bekerja sama mempersiapkan kegiatan, tidak ada pembagian tugas secara khusus untuk mencegah masalah apabila salah satu panitia berhalangan hadir. Kemudian terkait pendanaan kegiatan umumnya dari anggaran SPP siswa dan hanya kegiatan tertentu seperti makan sehat dan bakti sosial yang mendapatkan partisipasi dana secara suka rela dari komite sekolah. Pada pelaksanaan dilakukan secara bersama-sama yang dikoodinasi oleh ketua komite. Dalam pelaksanaan ini kepala sekolah bertindak sebagai supervisor dan humas sebagai fasilitator kegiatan. Sedangkan supervisi dan evaluasi dilaksanakan oleh kepala sekolah dan hasil akan disampaikan dalam rapat bulanan bersama komite, adapun kegiatan evaluasi ini dapat menjadi bahan perbaikan untuk kegiatan selanjutnya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan bahwa terdapat beberapa pelaksanaan program sekolah, anggota yang terlibat terkhusus komite sekolah tidak semua ikut hadir dalam pelaksanaan dikarenakan beberapa alasan. Namun hal ini tidak menjadi hal yang serius bagi anggota komite yang lain, karena meskipun anggota kepanitiaan dalam pelaksanaan program sekolah, sistem kerja samanya dilakukan secara bersama-sama. Untuk itu saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya kepala sekolah dalam upaya pemilihan anggota komite supaya dilakukan voting dan wawancara, hal ini ditujukan agar angggota komite yang akan dipilih benar-benar memiliki komitmen dan kesediaan dalam membantu pelaksanaan program sekolah.en_US
dc.description.abstractKemitraan sekolah dengan komite sekolah adalah kegiatan interaksi yang mana bertujuan untuk menambah pemahaman terkait keperluan pendidikan, sehingga menarik minat dan kerjasama di antara anggota komite atau masyarakat dalam mendukung kemajuan sekolah. Partisipasi komite dalam program sekolah dianggap penting, karena orang tua termasuk dalam mitra pendidikan. TK Plus AlHujjah telah menjalin kemitraan dengan komite sekolah, salah satunya selalu melibatkan dewan anggota komite dalam mensukseskan atau menjalankan pelaksanaan program di sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen kemitraan sekolah dengan komite dalam pelaksanaan program sekolah di TK Plus Al-Hujjah Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi yang mencangkup kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan supervisi serta evaluasi, sedangkan wawancara dilakukan secara berlangsung dengan indikator penggalian data oleh kepala sekolah, ketua komite, sekretaris komite, bendahara komite dan humas sekolah. serta dokumentasi yang meliputi profil sekolah TK Plus Al-Hujjah Tahun Ajaran 2022/2023, dokumentasi kegiatan bersama komite, buku absensi dan buku notulensi rapat. Hasil penelitian manajemen kemitraan sekolah dengan komite dalam pelaksanaan program sekolah di TK Plus Al-Hujjah ditemukan bahwa pada saat pelaksanaan program sekolah, anggota yang terlibat terkhusus komite sekolah tidak semua ikut hadir dalam pelaksanaan dikarenakan terdapat suatu halangan, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya buku absensi kegiatan bersama komiteen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPartnership Managementen_US
dc.subjectSchool with a Committeeen_US
dc.subjectSchool Programen_US
dc.titleManajemen Kemitraan Sekolah dengan Komite dalam Pelaksanaan Program Sekolah di TK Plus Al-Hujjah Tahun Ajaran 2022/2023en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A.en_US
dc.identifier.pembimbing2Indah Rohmatuz Zahro, S.Pd.i., M.Pd.I.en_US
dc.identifier.validatorrevaen_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record