Show simple item record

dc.contributor.authorFirdayanti, Adelia
dc.date.accessioned2024-08-12T06:36:14Z
dc.date.available2024-08-12T06:36:14Z
dc.date.issued2023-08-07
dc.identifier.nim170210301024en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123526
dc.description.abstractPariwisata termasuk sektor perekonomian yang berkembang cepat, maka dari itu pariwisata dijadikan sektor yang berpotensi besar untuk berkembang menjadi pendorong kemajuan perekonomian. Hal ini menggambarkan bahwa pariwisata menjadi bagian dari sektor ekonomi yang memiliki kesempatan besar guna dilakukan suatu pengembangan. Promosi termasuk aspek utama yang digunakan untuk mengembangkan pariwisata. Ketika menjalankan promosi maka dibutuhkan strategi yang sesuai agar bisa berlangsung dengan baik dan meraih target. Teknologi yang terus berkembang menjadi perihal yang tidak dapat dihindari saat ini dikarenakan melalui perkembangan teknologi maka ilmu pengetahuan juga meningkat. Teknologi yang terhubung dengan jaringan internet secara global memberi kesempatan untuk memasarkan produk serta jasa. Objek wisata Dosoen Kakao merupakan salah satu jenis agro wisata atau wisata berbasis pertanian atau perkebunan yang mulai dikembangkan menjadi objek wisata berbasis edukasi sejak tahun 2016. Promosi pariwisata pada objek wisata yang ada saat ini dianggap masih rendah dikarenakan masih kekurangan pembaruan terkait informasi pariwisata yang mengakibatkan jumlah pengunjung baik itu wisatawan lokal atau domestik semakin menurun pada tahun 2018. Sehingga peneliti memiliki ketertarikan menjalankan penelitian guna memahami tentang strategi promosi yang dilakukan pada objek wisata Dosoen Kakao di Kecamatan Glenmore secara lebih mendalam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang lokasinya ditentukan dari teknik purposive area. Penelitian dilaksanakan di objek wisata Doesoen Kako Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Data didapatkan dari kegiatan wawancara dengan narasumber utama yang merupakan penanggung jawab objek wisata Doesoen Kakao Indah yaitu Novita Sari, SAP serta informan pendukung enam orang. Metode dalam mengumpulkan data melalui penggunaan teknik wawancara secara mendalam, pengamatan partisipatif serta dokumen. Selanjutnya data dianalisis melalui proses pengumpulan, reduksi, penyajian serta verifikasi atau menyimpulkan. Daerah dan subjek penelitian lokasi pembelitian merupakan tempat yang mana penelitian tersebut dilaksanakan dan bisa mengutarakan kondisi yang sesungguhnya dari objek yang dikaji dan merupakan sarana peneliti supaya memperoleh banyak data yang diperlukan untuk penelitian ini. Berdasarkan perolehan penelitian yang sudah dilaksanakan dapat dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi indentifikasi target audience, pesan, media pada objek wisata Doesoen Kakao dalam melakukan promosi memberikan dampak positif pada jumlah kunjungan wisatawan. Dalam menentukan target audience atau target pasar pihak pengelola objek wisata Doesoen Kakao menggunakan strategi Penetapan Sasaran Tidak Terkonsentrasi (Undifferentiated Marketing Strategy) dimana strategi yang mengabaikan perbedaan segmen pasar dan menargetkan seluruh pasar dengan satu tawaran. Adapun yang menjadi target pasar dari objek wisata Doesoen Kakao adalah semua kalangan masyarakat. Merancang pesan dengan menjelaskan keindahan yang ada di objek wisata doesoen kakao. Dengan demikian para konsumen atau calon wisatawan akan tertarik. Setelah wisatawan tertarik meraka melakukan perjalan wisata ke objek wisata Doeseon Kakao. Media yang digunakan oleh pihak pengelola objek wisata Doesoen Kakao melalui media sosial dan media cetak. Dari semua pesan yang disampaikan, efektif untuk menyampaikan tujuan promosi. Dengan demikian tujuan dari promosi yang dilakukan tercapai, dengan adanya peningkatan kunjungan wisatawan.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Drs. Joko Widodo, M.M. Pembimbing Anggota Mukhamad Zulianto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectStrategi Promosien_US
dc.subjectObjek Wisataen_US
dc.subjectMeningkatkan Kunjungan Wisatawanen_US
dc.titleStrategi Promosi dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisatawan pada Objek Wisata Doesoen Kakao Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomien_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Joko Widodo, M.M.en_US
dc.identifier.pembimbing2Mukhamad Zulianto, S,Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 6 November 2023en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record