Pengembangan E-Suplemen Pembelajaran Geografi Berbasis Kontekstual pada Sub Materi Keragaman Flora dan Fauna Indonesia Siswa SMA
Abstract
Kegiatan pembelajaran di dalam kelas masih terpaku menggunakan buku pegangan sehingga variasi bahan ajar pembelajaran masih kurang dan menyebabkan suasana pembelajaran yang monoton dan tidak menumbuhkan minat siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-suplemen pembelajaran geografi berbasis kontekstual dan mengetahui tingkat kelayakan dari penggunaan e-suplemen ini dalam pembelajaran. Metode yang digunakan ialah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 4 SMAN Ambulu yang berjumlah 36 siswa. Hasil validasi dari 3 validator yakni ahli materi sebesar 97,23%, ahli media sebesar 100%, dan ahli praktisi sebesar 98,96% yang diinterpretasikan sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Untuk hasil uji coba kelompok kecil didapat tingkat pencapaian sebesar 92,14% dan uji coba kelompok besar sebesar 95,57% yang dikategorikan sangat setuju. Berdasarkan penilaian oleh validator dan uji respon siswa didapatkan produk akhir yang telah valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran dan membantu siswa dalam memahami keragaman flora dan fauna Indonesia secara kontekstual.