Implementasi Bauran Pemasaran Mix Mie Semeru Lumajang
Abstract
Persaingan antar perusahaan yang terjadi begitu ketat, diperlukannya strategi
pemasaran yang dapat membawa perusahaan pada keberuntungan. Menetapkan
strategi pemasaran merupakan awal pondasi dalam memulai suatu usaha,
begitupun dengan mengubah strategi usaha pada masa pandemi, dengan Menyusun
dan mengeksekusi strategi dengan baik menjadikan perusahaan dapat melanjutkan
kelangsungan hidup usaha serta dapat mencapai tujuan perusahaan dengan baik
pula. Untuk Menyusun strategi pemasaran yang baik dan benar, diperlukan analisis
mengenai poin-poin yang termasuk dalam bauran pemasaran, yakni 7P (Place,
Promotion, Price, Product, People, Process, Phsycal Evidence).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bauran pemasaran
dengan konsep 7P pada Mie Semeru Lumajang. Pendekatan penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi secara mendalam kepada
pemilik usaha Mie Semeru Lumajang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi 7P tidak dapat dipisahkan,
karena menjadi bagian yang sangat penting disetiap prosesnya. Secara
implementatif, produk yang menjadi andalan di Mie Semeru, harus disupport oleh
elemen lain seperti personal yang memiliki keahlian dalam memasak dan
menyajikan sampai ke tangan konsumen. Bukti langsung (Physical Evidence) juga
menjadi bagian penting dalam penyajian. Beberapa elemen lain seperti harga,
promosi, dan tempat menjadi keunggulan daya saing bisnis Mie Semeru
Lumajang.