Gastrodiplomasi Indonesia melalui Gastronomy Tourism
Abstract
Pesatnya perkembangan globalisasi mendorong diplomasi untuk lebih efektif. Gastrodiplomasi hadir menjadi strategi baru dengan menggunakan gastronomi sebagai media utama diplomasi. Berbagai negara di dunia tanpa terkecuali Indonesia melihat gastrodiplomasi sebagai peluang untuk menguatkan nation branding. Meski kaya akan potensi gastronomi dan pariwisata, Indonesia masih belum signifikan dalam gastrodiplomasi dibandingkan dengan negara-negara di Asia seperti Thailand dan Malaysia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya Indonesia dalam memperkuat gastrodiplomasi melalui gastronomy tourism di Ubud. Skripsi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan interpretasi pada data yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi gastronomy tourism dalam memperkuat gastrodiplomasinya. Selain itu, Indonesia juga mulai melaksanakan berbagai strategi gastrodiplomasi yaitu food event strategy, coallition-building strategy, dan education strategy di Ubud. Terakhir, penelitian ini menemukan bahwa strategi gastrodiplomasi ini berimplikasi pada peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2015-2017.