Perancangan Chatbot Berbasis Natural Language Processing Menggunakan Rasa Framework (Studi Kasus: Elly Cake)
Abstract
Penting bagi bisnis merespons pertanyaan calon konsumen dengan baik
untuk mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Elly Cake, usaha
pembuatan kue pesanan, mengalami kesulitan dalam melayani pertanyaan
konsumen karena keterbatasan SDM. Untuk mengatasi masalah ini, Elly Cake
memutuskan untuk menggunakan chatbot. Chatbot dapat memberikan jawaban
otomatis tanpa adanya intervensi manusia, memperkuat bisnis, dan meningkatkan
layanan. Pemilihan Rasa Framework sebagai platform utama berfungsi untuk
membuat model data chatbot. Rasa Framework adalah platform pembuatan chatbot
berbasis Natural Language Processing. Dengan memasukkan entitas seperti
intents, actions, stories, dan utter, lalu melatih model menggunakan Rasa Train.
Setelah pengujian manual dan otomatis didapatkan hasil F1-Score, Precision, dan
Accuracy yang memuaskan melalui pengetesan dengan modul bawaan Rasa yakni
Rasa Test tanpa adanya konflik antar entitas yang sudah dibuat, dan chatbot Elly
Cake berhasil diintegrasikan dengan Telegram melalui Ngrok. Hasilnya adalah
chatbot yang dapat diakses melalui Telegram, memberikan jawaban otomatis
terkait usaha Elly Cake, dan dijalankan melalui server lokal. Dengan ini, Elly Cake
dapat meningkatkan pelayanan kepada calon konsumen dan memperkuat hubungan
dengan pelanggan.