dc.contributor.author | Kalib, Fadiel Aulia Mochamad | |
dc.date.accessioned | 2024-08-08T07:47:17Z | |
dc.date.available | 2024-08-08T07:47:17Z | |
dc.date.issued | 2023-12-19 | |
dc.identifier.nim | 190210302015 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123261 | |
dc.description.abstract | Transportasi merupakan sektor penting dalam kehidupan manusia
terutama untuk menfasilitasi kegiatan mobilitas sehari-hari. Perkembangan
transportasi dapat dipengaruhi adanya pertumbuhan ekonomi, dengan adanya
pertumbuhan ekonomi maka akan berdampak meningkatnya jumlah kebutuhan
mobilitas. Pentingnya sektor transportasi mengharuskan adanya transportasi yang
dapat diaandalkan dan efisien untuk mengangkut barang dan manusia dari tempat
satu ketempat lainnya.
Jalur kereta api pertama di wilayah Mojokerto dan Jombang dibangun oleh
Staatsspoorwegen (SS). Kemudian Jalur trem pertama yang di wilayah Mojokerto
dan Jombang dibangun oleh Oost-Java Stoomtram Maatschappij (OJS). OJS
merupakan perusahaan swasta yang berfokus mengelola transportasi trem di
Hindia Belanda. Rute pertama yang dibangun yaitu menghubungkan antara
Mojokerto-Ngoro (Jombang) sejauh 33,6 km.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) mengetahui latar belakang
dibangunnya jalur trem uap Mojokerto-Ngoro-Dinoyo; (2) mengetahui dinamika
jalur trem uap Mojokerto-Ngoro-Dinoyo; (3) mengetahui dampak dari adanya
jalur uap Mojokerto-Ngoro-Dinoyo. Manfaat teoritis yang penulis harapkan
adalah (1) dapat memberikan kontribusi dan tambahan wawasan mengenai sejarah
transportasi trem di Mojokerto dan Jombang; (2) dapat memberikan informasi
khususnya terkait transportasi trem OJS di Mojokerto dan Jombang pada tahun
1889-1942: sebagai motivasi dalam melakukan penelitian lebih lanjut terkait
transportasi trem di Mojokerto dan Jombang.
Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian
sejarah menurut Kountowijoyo yang memiliki lima tahapan yaitu: (1) pemilihan
topik; (2) pengumpulan sumber; (3) verifikasi (kritik sejarah dan keabsahan
sumber); (4) interpretasi: analisis dan sintesis; dan (5) penulisan. Penulis juga menggunakan pendekatan sosiologi ekonomi. Sumber data yang digunakan adalah
data primen dan sekunder yang diperoleh dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
Provinsi Jawa Timur, Buku Berbahasa Belanda yang didapat dari Web delpher.nl
dan KITLV, dan Perpustakaan Universitas Jember.
Hasil penelitian ditemukan bahwa latar belakang pembangunan jalur trem
Mojokerto-Ngoro-Dinoyo dipengaruhi oleh oleh faktor ekonomi. Secara geografis
jalur trem ini melintasi kawasan perkebunan tebu dan industri gula. Secara
ekonomi Mojokerto dan Jombang adalah wilayah penghasil gula yang
membutuhkan sarana transportasi yang cepat dan efisien. Jalur trem ini beroperasi
untuk angkutan orang dan barang, namun angkutan barang menjadi penyumbang
penghasilan terbesar. Pengoperasian jalur trem ini berdampak pada aspek sosial,
aspek ekonomi dan migrasi. Pada aspek sosial keberadaan jalur trem ini
mempengaruhi lapangan pekerjaan masyarakat sekitar jalur dan klasifikasi sosial
masyarakat. Pada aspek ekonomi keberadaan jalur trem ini meningkatkan
perekonomian wilayah disekitar jalur, terutama industri gula. Keberadaan jalur
trem juga memudahkan masyarakat migran dari luar daerah untuk datang ke
wilayah Mojokerto dan Jombang.
Simpulan pembangunan dan pengoperasian jalur trem uap MojokertoNgoro-Dinoyo dilatar belakangi oleh faktor ekonomi. Mojokerto dan Jombang
adalah kawasan perkebunan dan industri gula. OJS membangun jalur trem ini
karena memiliki potensi ekonomi terutama dari angkutan barang. Selama masa
pembangunan jalur trem tidak ada kendala serius, pembangunan berjalan dengan
lancar dan bisa diselesaikan tepat waktu. Jalur trem ini melayani angkutan orang
dan barang. Angkutan penumpang relatif lebih sedikit dari pada angkutan barang.
Angkutan barang menjadi penyumbang pendapatan terbesar di jalur ini.
Pembangunan dan pengoperasian jalur trem ini berdampak pada kondisi sosial,
ekonomi, datangnya para migran dan bentuk tata kota di wilayah Mojokerto dan
Jombang. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama Akhmad Ryan Pratama, S.Hum., M.A
Pembimbing Anggota Dr. Mohamad Na'im, M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Jalur Trem Uap | en_US |
dc.subject | Mojokerto-Ngoro-Dinoyo | en_US |
dc.title | Jalur Trem Uap Mojokerto-Ngoro-Dinoyo Tahun 1889-1942 | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Sejarah | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Akhmad Ryan Pratama, S.Hum., M.A | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Mohamad Na'im, M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 24 Januari 2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_07_tanggal 10 | en_US |