dc.contributor.author | FARIHA, Rofiatul | |
dc.date.accessioned | 2024-08-08T06:17:05Z | |
dc.date.available | 2024-08-08T06:17:05Z | |
dc.date.issued | 2023-07-05 | |
dc.identifier.nim | 190910301052 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123177 | |
dc.description | validasi_repo_firli_Maret_2024_18 | en_US |
dc.description.abstract | Fenomena anak penyandang Autism Spectrum Disorder (ASD) di
Kabupaten Jember yang setiap hari kian meningkat jumlahnya salah satunya di
tempat terapi rumah belajar four stars. Anak penyandang ASD mengalami
beberapa hambatan pada diri mereka sehingga dapat menghambat keberfungsian
sosial mereka. Penanganan hambatan pada anak ASD dapat dilakukan melalui
terapi okupasi yang diberikan. Terapi okupasi diharapkan dapat membantu anak
ASD dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sehingga dapat menjalankan
keberfungsian sosial.
Konsep yang digunakan pada penelitian ini antara lain; konsep
keberfungsian sosial, konsep keberfungsian sosial anak, konsep anak penyandang
ASD, konsep terapi okupasi, dan konsep intervensi individu dan keluarga.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian
kualitatif deskriptif. Teknik penentuan tempat dan informan menggunakan
purposive sampling. Metode pengumpulan data yang dilakukan meliputi
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi
pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data
yang dilakukan menggunakan traiangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keberfungsian sosial
anak ASD dalam memenuhi kebutuhan makan, minum, dan berpakaian.
Peningkatan terjadi pula ketika anak memecahkan masalah seperti membuka tutup
botol minum, bekal makan, maupun memperbaiki mainan rusak. Selain itu
terdapat peningkatan dalam menyampaikan keinginan, dan yang terakhir terdapat
peningkatan dalam menjalankan peran sebagai anak yaitu bermain. Adanya
peningkatan keberfungsian tersebut terjadi karena terapi-terapi yang dilakukan
yaitu terapi motorik halus yang membantu menguatkan otot-otot pada jari, terapi
SI melatih motorik kasar, terapi kognitif membantu pengenalan menggunakan
benda, terapi oral motor dan wicara membantu melatih otot-otot sekitar wajah
agar lebih nyaman untuk berkomunikasi. | en_US |
dc.description.sponsorship | Arif S.Sos., M.AP
Atik Rahmawati S.Sos., M.Kesos | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik | en_US |
dc.subject | Autism Spectrum Disorder | en_US |
dc.subject | Terapi Okupasi, | en_US |
dc.subject | Keberfungsian Sosial | en_US |
dc.subject | Kesejahteraan Anak | en_US |
dc.title | Peningkatan Keberfungsian Sosial Anak Penyandang Autism Spectrum Disorder (ASD) melalui Terapi Okupasi | en_US |
dc.title.alternative | (Studi Deskriptif di Rumah Belajar Four Stars Kecamatan Sumbersari, Jember) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Ilmu Kesejahteraan Sosial | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Arif S.Sos., M.AP | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Atik Rahmawati S.Sos., M.Kesos | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_Maret_2024_18 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_07_tanggal 10 | en_US |