Pengembangan E-modul Berbasis Kebudayaan Pandalungan terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Geografi di SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji kevalidan pengembangan e-modul berbasis kebudayaan pandalungan terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran geografi di SMA, dan (2) mengkaji respon siswa terhadap pengembangan e-modul berbasis kebudayaan pandalungan terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran geografi di SMA. Pengelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Tahap-tahap pengembangan meliputi tahap analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Sampel uji coba lapangan sebanyak 33 orang siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Jember. pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon, dan tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis kebudayaan pandalungan terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran geografi di SMA menurut ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa dinyatakan sangat valid dengan nilai rata-rata 90.91%. Penerapan dan penggunaan e-modul mendapat respon baik dengan nilai persentase sebesar 74.55%. Kemampuan berpikir kreatif siswa dikategorikan baik dengan nilai persentase sebesar 78.64%.