• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Realistic Mathematics Education terhadap Hasil Belajar Perkalian Bilangan Cacah pada Siswa Kelas II di SDN Wonosari 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI SYAUQI ABDULLAH 170210204088.pdf (1.175Mb)
    Date
    2024-06-04
    Author
    Abdullah, Syauqi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan RME merupakan bentuk pembelajaran yang menggunakan dunia nyata dan kegiatan pembelajaran yang lebih menekankan aktivitas siswa untuk mencari, menemukan, serta membangun sendiri pengetahuan yang diperlukan, sehingga pembelajaran menjadi terpusat pada siswa. Matematika merupakan mata pelajaran yang terkadang sering tidak disukai karena kesulitannya. Banyak sekali materi di dalamnya salah satunya adalah bilangan cacah. Pada materi ini siswa mengalami kesulitan dalam memahami soal. Hal ini mempengaruhi minat siswa dan emosi siswa untuk menyerah dalam mengerjakan. Penerapan RME pada materi perkalian bilangan cacah diharapkan dapat menimbulkan suasana yang bermakna dan menyenangkan untuk siswa, sehingga menambah minat siswa untuk belajar dan meningkatkan hasil belajarnya kelas II Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, “ adakah pengaruh yang signifikan pada penerapan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar perkalian bilangan cacah pada siswa kelas II di SDN Wonosari 01 Jember” Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pola eksperimental semu (quasi experimental design) dengan pola penelitian non-equivalent control group design 15 siswa pada siswa II di SDN Wonosari 01 Jember yang semuanya dijadikan sebagai responden penelitian. Teknik pengumpulan data tersebut menggunakan soal tes. Hasil dari 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 kemudian dikonsultasikan dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan df = 28 taraf signifikansi 5% yang menunjukkan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,048. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dilihat bahwa 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 lebih besar dari 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (2,638 > 2,048), sehingga kesimpulannya ada pengaruh signifikan dari penerapan RME. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh RME dalam hasil belajar Matematika materi Bilangan Pecahan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru dan sekolah. Saran yang dapat disampaikan adalah pengoptimalan pemberian motivasi belajar yang intens kepada siswa agar hasil belajar Matematika materi Bilangan Pecahan menjadi optimal. Bagi peneliti lain dapat dijadikan bahan pertimbangan dan perlu diperhatikan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123010
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository