Pengaruh Media Realia Pencemaran Air Berbahan Fisik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA
Abstract
Permasalahan dalam dunia pendidikan pada abad 21 salah satunya adalah
kemampuan berpikir kreatif siswa yang rendah khususnya pada pembelajaran
biologi. Guru dapat menggunakan media realia sebagai upaya atas permasalahan
tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media realia
pencemaran air berbahan fisik terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil
belajar biologi siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen
dengan melibatkan dua kelas X sebagai sampel, satu kelas sebagai kelompok
eksperimen dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol. Media realia pencemaran
air berbahan fisik diterapkan pada kelas kontrol sedangkan kelas eksperimen
menggunakan media poster. Teknik analisis data kemampuan berpikir kreatif
menggunakan uji independent sample t-test dan hasil belajar menggunakan uji
ANAKOVA. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikan (p<0,05) untuk
kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar. Artinya terdapat pengaruh media
realia pencemaran air berbahan fisik terhadap kemampuan berpikir kreatif dan
hasil belajar biologi siswa SMA.