Show simple item record

dc.contributor.authorAMANAH JAUHARI
dc.date.accessioned2013-12-24T04:40:43Z
dc.date.available2013-12-24T04:40:43Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM970210101137
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12288
dc.description.abstractAmanah Jauhari, Mei 2005. Perbandingan Hasil Belajar dengan Menggunakan Pembelajaran Model Generatif dan Investigasi Kelompok pada Pokok Bahasan Persamaan Linier Satu Peubah Siswa Kelas IA dan IB SMP Negeri Mayang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2004/2005. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pembimbing: (1) Dra. Hj. Titik Sugiarti, M.Pd. (2) Drs. Antonius CP., M.App.Sc. Pembelajaran Model Generatif adalah suatu model pembelajaran yang melalui 4 fase yaitu preliminary, focus, challenge, dan aplication. Sedangkan Pembelajaran Model Investigasi Kelompok terdiri dari 5 tahap, yaitu: 1) membagi siswa dalam beberapa kelompok, 2) merencanakan tugas kelompok, 3) melakukan penyelidikan, 4) menganalisis hasil dan mempersiapkan laporan, 5) menyajikan laporan. Kedua model pembelajaran tersebut memiliki persamaan yaitu siswa dituntut untuk menemukan dan menyimpulkan sendiri materi yang menjadi pokok bahasan, sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa. Dalam hal ini guru bertindak sebagai pembimbing atau fasilitator. Dalam kedua model pembelajaran ini guru menggunakan lembar kerja siswa (LKS) untuk memahami materi yang ditentukan. Adapun tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifian antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Pembelajaran Model Generatif dengan siswa yang diajar menggunakan Pembelajaran Model Investigasi Kelompok pada pokok bahasan persamaan linier satu peubah siswa kelas IA dan IB semester ganjil SMPN Mayang tahun ajaran 2004/2005. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis peelitian eksperimen semu. Subjek penelitian siswa kelas IA dan IB SMPN Mayang semester ganjil 2004/2005. Pengambilan data mulai tanggal 4 Oktober 2004. Dari hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Pembelajaran Model Generatif dengan siswa yang diajar menggunakan Pembelajaran Model Investigasi Kelompok pada pokok bahasan persamaan linier satu peubah siswa kelas IA dan IB semester ganjil tahun ajaran 2004/2005.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries970210101137;
dc.subjectPembelajaran Model Generatif, Pembelajaran Model Investigasi Kelompok, Hasil Belajar Siswa.en_US
dc.titlePERBANDINGAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL GENERATIF DAN INVESTIGASI KELOMPOK PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINIER SATU PEUBAH SISWA KELAS IA DAN IB SMP NEGERI MAYANG SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2004/2005en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record