• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL GENERATIF DAN INVESTIGASI KELOMPOK PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINIER SATU PEUBAH SISWA KELAS IA DAN IB SMP NEGERI MAYANG SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2004/2005

    Thumbnail
    View/Open
    14.pdf (59.80Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    AMANAH JAUHARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Amanah Jauhari, Mei 2005. Perbandingan Hasil Belajar dengan Menggunakan Pembelajaran Model Generatif dan Investigasi Kelompok pada Pokok Bahasan Persamaan Linier Satu Peubah Siswa Kelas IA dan IB SMP Negeri Mayang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2004/2005. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pembimbing: (1) Dra. Hj. Titik Sugiarti, M.Pd. (2) Drs. Antonius CP., M.App.Sc. Pembelajaran Model Generatif adalah suatu model pembelajaran yang melalui 4 fase yaitu preliminary, focus, challenge, dan aplication. Sedangkan Pembelajaran Model Investigasi Kelompok terdiri dari 5 tahap, yaitu: 1) membagi siswa dalam beberapa kelompok, 2) merencanakan tugas kelompok, 3) melakukan penyelidikan, 4) menganalisis hasil dan mempersiapkan laporan, 5) menyajikan laporan. Kedua model pembelajaran tersebut memiliki persamaan yaitu siswa dituntut untuk menemukan dan menyimpulkan sendiri materi yang menjadi pokok bahasan, sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa. Dalam hal ini guru bertindak sebagai pembimbing atau fasilitator. Dalam kedua model pembelajaran ini guru menggunakan lembar kerja siswa (LKS) untuk memahami materi yang ditentukan. Adapun tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifian antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Pembelajaran Model Generatif dengan siswa yang diajar menggunakan Pembelajaran Model Investigasi Kelompok pada pokok bahasan persamaan linier satu peubah siswa kelas IA dan IB semester ganjil SMPN Mayang tahun ajaran 2004/2005. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis peelitian eksperimen semu. Subjek penelitian siswa kelas IA dan IB SMPN Mayang semester ganjil 2004/2005. Pengambilan data mulai tanggal 4 Oktober 2004. Dari hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Pembelajaran Model Generatif dengan siswa yang diajar menggunakan Pembelajaran Model Investigasi Kelompok pada pokok bahasan persamaan linier satu peubah siswa kelas IA dan IB semester ganjil tahun ajaran 2004/2005.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12288
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12455]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository