Pengaruh Model Pembelajaran Earthcomm terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA
Abstract
Kondisi pembelajaran di sekolah yang cenderung tidak interaktif memicu
ketidak aktifan siswa selama proses belajar berlangsung, selain itu penerapan
model pembelajaran konvensional yang kurang maksimal juga berdampak pada
keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi
yang dilakukan siswa cenderung tidak terlibat secara aktif kedalam pembelajaran,
hal ini berpengaruh pada hasil belajar serta keterampilan berpikir kritis akibat
kurangnya pemahaman juga keterlibatan siswa pada materi yang disampaikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh signifikan dari penerapan model
pembelajaran earthcomm terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar
siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi
eksperimen dengan desain posttes only control grup. Hasil penelitian
menunjukkan kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran
earthcomm memiliki nilai rata-rata posttes keterampilan berpikir kritis dan hasil
belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen
memiliki nilai rata-rata 75,31 dan 72,5 sedangkan kelas kontrol 58,96 dan 58,62.
Berdasarkan nilai Independent Sample T-tes yang kurang dari (>) 0,05 dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran earthcomm berpengaruh
signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA.