• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Types of Shot dalam Mendukung Proxemic Patterns untuk Memvisualisasikan Hubungan Antar Tokoh pada Film Layang Angan

    Thumbnail
    View/Open
    Puguh dwi prastya 160110401011 Repository.pdf (1.105Mb)
    Date
    2023-07-28
    Author
    PRASTYA, Puguh
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Film Layang Angan mengisahkan tentang seorang kakak yang bertindak seolah-olah sebagai seorang orang tua, dengan keyakinan bahwa ia lebih tahu apa yang adiknya butuhkan. Di sisi lain, sang adik adalah pribadi yang keras kepala dan belum sepenuhnya memahami kebutuhan orang lain, hanya fokus pada dirinya sendiri. Memotret kehidupan sosial dan permasalahan-permasalahan kelas bawah yang sering dijumpai di Indonesia khususnya daerah pedesaan di Jember dan sekitarnya. Pengkarya merencanakan shotlist dan storyboard sebagai panduan dalam produksi film ini. Selain itu, dalam tahap praproduksi, pengkarya mengembangkan penempatan teori yang akan digunakan bersama sutradara dan editor mengharmoniskannya dengan teori yang relevan. Tahap produksi, pengkarya melakukan pengambilan gambar sesuai dengan urutan yang telah diatur dalam shotlist dan storyboard yang telah disusun. Namun, dalam prakteknya, terkadang terjadi beberapa perubahan teknis karena kondisi cuaca dan keterbatasan waktu yang tidak memungkinkan. Pengkarya mengaplikasikan pengambilan gambar dengan konsep types of shot dalam mendukung proxemic patterns untuk memvisualisasikan hubungan antar tokoh dengan tujuan dramatisasi film. Salah satu penerapan yang dapat menjadi acuan tersebut adalah pada proses visualisasi hubungan antara ketiga tokoh utama yaitu tokoh Hari, Wahyu, dan mak Yem. Penyajian gambar melalui types of shot, medium shot, dan full shot dan penggunaan komposisi center frame membuat penonton meletakkan perhatian langsung pada tokoh saat pertama kali melihat.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122811
    Collections
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) [2343]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository