• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan, Branding Capability dan Inovasi Terhadap Kinerja Bisnis Kafe Kopi di Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi - Savyla Putri Permatasari.pdf (2.728Mb)
    Date
    2023-07-24
    Author
    PERMATASARI, Savyla Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tren pasar kafe kopi sebagai emerging business yang berimplikasi terhadap persebaran kafe kopi di Indonesia yang terus meningkat. Hal tersebut menyebabkan persaingan kafe kopi pada masa kini semakin kompetitif dan banyak diantaranya tidak mampu berkembang serta bersaingan sehingga kafe kopi gulung tikar. Salah satu strategi yang diperlukan kafe kopi untuk bertahan pada persaingan dinamis dan mencapai keberhasilan usaha melalui manajerial adalah mengimplementasikan kompetensi kewirausahaan, branding capability dan inovasi. Penelitian ini menguji pengaruh kompetensi kewirausahaan, branding capability dan inovasi terhadap kinerja bisnis pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kafe kopi di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia. Daerah ini merupakan salah satu penghasil kopi nusantara dari pegunungan Raung dan Argopuro. Sampel penelitian diperoleh dari identifikasi kafe kopi yang berada di wilayah Kabupaten Jember melalui Google Maps berdasarkan rating bintang 4-5. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 39 pengelola kafe kopi, kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kewirausahaan, branding capability dan inovasi berpengaruh secara simultan terhadap kinerja bisnis kafe kopi. Secara parsial, kompetensi kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja bisnis kafe kopi, branding capability tidak berpengaruh terhadap kinerja bisnis kafe kopi, sedangkan inovasi berpengaruh terhadap kinerja bisnis kafe kopi. Temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa penting bagi pengelola kafe kopi mengembangkan kemampuannya dalam mengelola sumber daya bisnis, memperluas relasi untuk penambah keterampilan, dan meningkatkan pertumbuhan pangsar pasar.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122682
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5688]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository