Pengembangan E-book Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Elemen Berkebhinekaan Global untuk Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Unit II di SDN Rambipuji 02 Jember
Abstract
Kurikulum yang masih sangat baru membuat kebutuhan serta karakteristik peserta didik pada pembelajaran belum terlihat dengan jelas, sehingga pengembangan bahan ajar perlu dilakukan agar peserta didik memperoleh pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakter belajarnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pengembangan serta mengetahui keefektifan, kepraktisan dan kevalidan pengembangan e-book bermuatan profil pelajar Pancasila elemen berkebhinnekaan global kelas IV pelajaran Pendidikan Pancasila unit II di SDN Rambipuji 02 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) Borg and Gall. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Perhitungan uji t-test menggunakan rumus independent sample t-test dengan hasil yaitu nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (8,768 > 2,007). Uji keefektifan relatif dengan hasil sebesar 62,3%% dengan kategori keefektifan tinggi yang membuktikan bahwa penggunaan e-book bermuatan profil pelajar Pancasila pada kelas ekperimen lebih efektif 62,3% dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan bahan ajar tersebut. Hasil dari perhitungan respon siswa dengan menggunakan rumus respon siswa yaitu memperoleh 97,4 yang termasuk kategori sangat efektif dan praktis. Berdasarkan hasil yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa e-book bermuatan profil pelajar Pancasila tersebut efektif dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.