• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-book Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Elemen Berkebhinekaan Global untuk Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Unit II di SDN Rambipuji 02 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI IRZA AZZAHRA.pdf (1.191Mb)
    Date
    2023-09-05
    Author
    NARISWARI, Irza Azzahra
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum yang masih sangat baru membuat kebutuhan serta karakteristik peserta didik pada pembelajaran belum terlihat dengan jelas, sehingga pengembangan bahan ajar perlu dilakukan agar peserta didik memperoleh pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakter belajarnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pengembangan serta mengetahui keefektifan, kepraktisan dan kevalidan pengembangan e-book bermuatan profil pelajar Pancasila elemen berkebhinnekaan global kelas IV pelajaran Pendidikan Pancasila unit II di SDN Rambipuji 02 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) Borg and Gall. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Perhitungan uji t-test menggunakan rumus independent sample t-test dengan hasil yaitu nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (8,768 > 2,007). Uji keefektifan relatif dengan hasil sebesar 62,3%% dengan kategori keefektifan tinggi yang membuktikan bahwa penggunaan e-book bermuatan profil pelajar Pancasila pada kelas ekperimen lebih efektif 62,3% dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan bahan ajar tersebut. Hasil dari perhitungan respon siswa dengan menggunakan rumus respon siswa yaitu memperoleh 97,4 yang termasuk kategori sangat efektif dan praktis. Berdasarkan hasil yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa e-book bermuatan profil pelajar Pancasila tersebut efektif dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122626
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository