Manajemen Strategi Pemasaran Syariah dalam Menghadapi Persaingan Bisnis pada Kedai Nyara di Kabupaten Jember
Abstract
Kedai Nyara adalah sebuah Cafe yang berada di bekas Stasiun Sukowono
bekas peninggalan Belanda yang telah non aktif sejak tahun 2004 yang
beralamatkan di Jl. PB Sudirman, Dusun Krajan, Desa Sukowono, Kecamatan
Sukowono, Kabupaten Jember. Dengan adanya jenis usaha yang sama yaitu
berupa Cafe, Kedai, Restouran, dan juga jenis usaha lainnya merupakan suatu
persaingan antar pelaku usaha.
Penelitian ini merupakan penelitian manajemen strategi pemasaran syariah
dalam menghadapi persaingan bisnis dengan menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis internal, analisis
eksternal, dan bagaimana manajemen strategi yang dirumuskan dan
diimplementasikan oleh Kedai Nyara untuk mempertahankan usaha bisnisnya.
Penelitian ini menggunakan analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities,
threats) untuk mengidentifikasi analisis internal menggunakan IFAS dan analisis
eksternal menggunakan EFAS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis internal (kekuatan dan
kelemahan) pada faktor kekuatan pada perhitungan IFAS memiliki nilai skor lebih
tinggi yaitu sebesar 2,71 dan faktor kelemahan memiliki nilai skor 0,97. Pada
analisis eksternal (peluang dan ancaman) pada faktor peluangpada perhitungan
EFAS memiliki nilai skor 2,70 dan faktor ancaman memiliki nilai skor 0,86. Pada manajemen strategi pemasaran syariah Kedai Nyara telah melakukan dengan baik yaitu dengan menentukan perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi.