• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Evaluasi Penerapan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri Kabupaten Jember Tahun 2024

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Naufal Herlambang_200210301046.pdf (1.718Mb)
    Date
    2024-06-21
    Author
    HERLAMBANG, Naufal
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang dikembangkan oleh Kemendikbudristek, kurikulum ini adalah sebuah perbaikan dari kurikulum sebelumnya seperti Kurikulum 2013. Kurikulum ini berlaku pada beberapa tahun ajaran terakhir yaitu 2022/2023 dengan saat ini secara bertahap 70% satuan pendidikan telah menggunakan kurikulum tersebut, penerapan kurikulum merdeka belajar melibatkan berbagai pihak seperti sekolah dan guru. Penerapan kurikulum merdeka pada pelajaran melibatkan tiga tahapan meliputi: asesmen, perencanaan, pembelajaran. Penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Kabupaten Jember belum sempurna. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian lebih lanjut tentang penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Kabupaten Jember tahun 2024. Responden ditentukan berdasarkan metode Purposive Sampling. Penelitian ini dilakukan di beberapa SMA Negeri Kabupaten Jember. Sumber data diperoleh dari observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi dengan informan yaitu waka kurikulum dan guru ekonomi. Teknik analisis data menggunakan penskoran hasil kuesioner, menjumlah skor total setiap indikator, pengelompokkan skor yang diperoleh berdasarkan tingkat kecenderungan, melihat persentase tiap kecenderungan dengan kategori yang tersedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum tingkat penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Kabupaten Jember tahun 2024 berjalan cukup baik, diantaranya pada komponen context diperoleh rata-rata persentase sebesar 60% sehingga masuk kategori cukup baik yang meliputi indikator kurikulum operasional satuan pendidikan (KOSP). Kemudian pada komponen input diperoleh rata-rata persentase sebesar 58,4% dengan kategori kurang baik yang meliputi indikator kesiapan guru, sarana dan prasarana serta pedoman yang berlaku. Pada komponen process diperoleh rata-rata persetase sebesar 61,8% dengan kategori cukup baik yang meliputi indikator perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Dan komponen product diperoleh rata-rata persentase sebesar 65,6% dengan kategori cukup baik yang meliputi indikator perangkat pembelajaran. Secara keseluruhan, hasil evaluasi terkait penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Kabupaten Jember pada model evaluasi CIPP yang terdiri dari komponen context, input, process, product diperoleh hasil yang cukup baik sesuai dengan pedoman yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek meskipun belum optimal. Pemerintah dan Kemendikbudristek disarankan untuk meningkatkan kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang lebih komperehensif dan berkelanjutan pada sekolah dan guru seperti merancang pembelajaran, mengembangkan referensi dan bahan ajar, memfasilitasi platform untuk mendorong kolaborasi dan berbagi pengalaman antar guru dalam penerapan kurikulum merdeka. Sekolah dan guru diharapkan berpartisipasi mengenai kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang diadakan oleh pemerintah dan kemendikbudristek, menerapkan praktik penerapan kurikulum merdeka di dalam pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan riset lebih lanjut mengenai rekomendasi kegiatan pelatihan mengenai kurikulum merdeka agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh guru
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122425
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository